Pelayanan
:: Info Rekening
:: Arsip Berita
:: Info Pemadaman
:: Pengaduan
:: Forum
   
Info
:: Profil Perusahaan
:: Info Unit
:: Tips Pelanggan
:: Berita Media
:: Info Tokoh
:: Wisata
:: FAQ
:: Info Manajemen
   
Link
:: PLN Pusat
:: PLN Distribusi Jateng
:: e-Procurement
   
Kontak

 

AREA MAGELANG
Jl. Jend. A. Yani No. 14
Magelang
Telp. (0293) 363355, Jwots : 51127
Fax. (0293) 362144
pln@plnmagelang.co.id

 

 
..:.:.:: Pengaduan pelanggan ::.:.:..

Sampaikan Pengaduan | Lihat Pengaduan

Daftar Pengaduan Pelanggan

Gangguan dan Pemadaman | Baca Meter | Rekening | Perubahan Daya | Lain-lain |
( 19-07-2014 ) :: DWI HADI SUMIYANTO
Perubahan Daya
Pengaduan :
mohon informasi tentang perubahan daya. saya sudah mendaftar, dan sudah disetujui untuk menaikkan daya dari 900W menjadi 1300W dan sudah membayar biaya pada tanggal 14 Juli 2014. tapi sampai sekarang kok belum di proses? kapan akan diproses?

Tanggapan :
???
( 09-07-2014 ) :: sukron
Perubahan Daya
Pengaduan :
kenapa stok listrik 900w pasca bayar sulit,, mau naik daya tapi yg spedo lama,, tolong cek listrik atas nama muhsis alamat malebo timur rt04 rw04 kandangan, temanggung, los strum, trimakasih tolong tindak lanjutnya,,

Tanggapan :
???
( 03-07-2014 ) :: Kucirsarwanto
Perubahan Daya
Pengaduan :
Pak,saya daftar pada awal juni,dan katanya mau dikasih no registrasi lewat no hp 085729803117 ..085325999299 .tp sampe sekarang kobelum dikasih,padahal saya sangat butuh.apalagi lebaran sebentar lagi,mohön pak pln yg baik hati,segeralah saya dikasih no reg,.biar segera terpasang,terimakasih atas perhatian dan kebaikan pak pln apj magelang kota.

Tanggapan :
???
( 02-07-2014 ) :: Darman
Perubahan Daya
Pengaduan :
Saya sudah melakukan pembayaran di Loket Pln Purworejo untuk perubahan daya dari 450 ke 1300 pada tgl 23 Juni 2014 ,sampai saat ini belum ada tindak lanjut no registrasi 5215217008711 No. agenda : 521529921406229118 Terima Kasih

Tanggapan :
???
( 22-06-2014 ) :: Kucirsarwanto
Perubahan Daya
Pengaduan :
Malam pln upj mgl,saya daftar tambah daya sekitar 15 hari,dan cuma dikasih no agenda,.katanya no regestrasi nunggu dikbri dari pln,lewat no hp yg saya kash,lewt 123,.terus kapan saya dapt no registrasi,

Tanggapan :
Yth Bp. Kucirsarwanto
Kami mohon maaf atas lamanya pelayanan kami, kami sampaikan sampai dengan saat ini belum adanya kesiapan material, sehingga no register blm disampaikan kepada pelanggan. Bila material sudah ada akan kami sampaikan no registernya.
Demikian disampaikan dan terima kasih
Salam
Endro Priyono
PT. PLN (Persero) Area Magelang
Rayon Magelang Kota
Jalan Urip Sumoharjo No. 1 Magelang
( 15-04-2014 ) :: ny sitikarsih
Perubahan Daya
Pengaduan :
Saya sudah melakukan pembayaran di kantor pos untuk perubahan daya pada tgl 8 april 2014 ,sampai saat ini belum ada tindak lanjut no registrasi 5215117010886 mlpo ref : 0POS21SY0004F8E93D tERIMA KASIH

Tanggapan :
Yth Ny Sitikarsih
Terima kasih atas pertanyaanya, untuk status pelanggan dengan Register No. 5215117010886, Posisi sekarang sudah nyala dan ada tagihan sisa kwh yg harus dibayar pelanggan sebesar Rp. 4.964,-
Demikian disampaikan dan terima kasih
Salam
Endro Priyono
PT. PLN (Persero) Area Magelang
Rayon Magelang Kota
Jalan Urip Sumoharjo No. 1 Magelang
Telp. 0293 362259
( 24-01-2014 ) :: hartanto
Perubahan Daya
Pengaduan :
Saya menambahkan daya dari 900 mnjd 1300, koq sampai sekarang tgl 25/01/2014 belum ada pemasangan, pdhal sy melunasi administrasi tgl 15/01/2014 melalui kantor pos, katanya estimasi wkt pemasangan 5 hari setelah pelunasan administrasi tp koq sampai skr blm ada pemasangan atau pemberitauan berlanjut, tolong dong di pasang karna listrik di rumah setiap hari sellu turun..... NO.REG 5215417006709 NO.AGENDA 521540121401157139 NO.RESI 55281B-04/14/001251

Tanggapan :
???
( 24-01-2014 ) :: hartanto
Perubahan Daya
Pengaduan :
Saya menambahkan daya dari 900 mnjd 1300, koq sampai sekarang tgl 25/01/2014 belum ada pemasangan, pdhal sy melunasi administrasi tgl 15/01/2014 melalui kantor pos, katanya estimasi wkt pemasangan 5 hari setelah pelunasan administrasi tp koq sampai skr blm ada pemasangan atau pemberitauan berlanjut, tolong dong di pasang karna listrik di rumah setiap hari sellu turun..... NO.REG 5215417006709 NO.AGENDA 521540121401157139 NO.RESI 55281B-04/14/001251

Tanggapan :
???
( 27-09-2013 ) :: ROCHMAT
Perubahan Daya
Pengaduan :
perubahan daya 450va-900va/R1.

Tanggapan :
???
( 29-07-2013 ) :: sastrodimedjo
Perubahan Daya
Pengaduan :
pak pln saya mau tanya? pada tgl 28 juli 2013 saya melakukan registrasi tambah daya online dari daya 450va menjadi 900va dengan nomor reg 5215617005603 dan nomor agenda 521569921307285716 tetapi sampai saat ini belum saya bayar karena saya berubah pikiran ingin tambah daya dari 450va menjadi 1300va.yang ingin saya tanyakan apakah masih bisa dan bagaimana caranya ??? terima kasih

Tanggapan :
???
( 10-04-2013 ) :: SYARIFUDIN
Perubahan Daya
Pengaduan :
mengajukan tambah daya kok lama sudah satu minggu belum diproses katanya 5 hari kerja, kata cs nya material habis. tapi daerah temanggung 3 hari sudah selesai proses padaha satu APJ magelang

Tanggapan :
???
( 03-01-2013 ) :: Nafsiyah
Perubahan Daya
Pengaduan :
Siang PLN, Siang PLN, Saya pelanggan PLN UPJ Tegalrejo Magelang ingin menanyakan berapa biaya penurunan daya dari 1300 Volt ke 950 Volt?dan apakah ada syaratnya jika saya ingin menurunkan daya listrik seperti itu?

Tanggapan :
???
( 11-11-2012 ) :: jamingun
Perubahan Daya
Pengaduan :
kepada pln magelang saya mau tanya ,saya migrasi dan tambah daya dari 450 va menjadi 1300va sudah hampir 1 bln kok blm di pasang sampai sekarang padahal untuk administrasi udah saya bayar tgl 20 oktober dgn nmr regristrasi 5215117005706 di kantor pos dgn nmr resi 56153/01/12/016682 dan untuk nmr edipel521510451271.an kiptiah ,sugihan sidowangi kajoran ,tolong dong pln segera di pasang ,katanya cepet 1 minggu dah seleasi ,tapi kok udah 25 hari lbh gak di pasang juga gmn nih..

Tanggapan :
???
( 01-08-2012 ) :: Arman agus
Perubahan Daya
Pengaduan :
Saya sudah mngajukan prubahan daya dari 450 mjd 900 dkntor UPJ MAGELANG KOTA. sudah saya lunasi smua biaya'y. Tgl pngjuan dan pelunasan biaya tgl 20 juli. No HP jg sdh sya kasih. Djanjikan pmasangan 7hari kerja stlh tgl plunasan biaya. Knpa sampai skrng blm jd ad ptugas yg krmh/mnghubungi?? Ats prhtian'y Trima kasih

Tanggapan :
???
( 22-05-2012 ) :: Murdiyono
Perubahan Daya
Pengaduan :
Mohon penjelasan untuk perubahan daya dari 900 VA ke 1300 VA apakah masih gratis ? terima kasih.

Tanggapan :
???
( 13-12-2011 ) :: lotere
Perubahan Daya
Pengaduan :
pada tanggal 12 des 2011, saya ke pln cab kutoarjo, saya pengen tambah daya dan pindah ke prabayar dari 450 ke 1300, karena saya belum tau,kirain kalau dah ganti prabayar pemakaian losstru (tidak ada batasan), makannya pas manajemen pln nawarain mau tambah daya saya bilang ya itu aja, karena saya belum tau, jadi dayanya tetep 450, setelah saya tau saya mau batalin perjanjian. yang saya mau tanyain : apakah bisa pembatalan itu di lakukan, karena saya menginginkan daya yang 1300, trus saya ngomong lagi ke manajemennya, katanya karena saya udah membayar pulsanya jadi saya tidak bisa membatalinya, tapi akan diuasahakn oleh pihak manajemen pln, dan katanya akan ngasih kabar max 3 hari. apakah masih bisa pembatalan itu, karena saya butuh yang 1300, mau yang biasa / prabayar juga ngak apa-apa. terimakasih

Tanggapan :
???
( 06-12-2011 ) :: baharudin ay/ tri hastuti / anton
Perubahan Daya
Pengaduan :
prbhn daya dari 450 ke 1300 .udah daftar dr tgl 22nov 2011 sampai sekarang kok blm dipasang ya. menurut cs katanya cuma seminggu...senin tgl 5 des saya telp lg..ktanya hr itu mau dipasang dan menurut yg terima tlp katanya meternya udah dibawa..sampai selasa sore aku menunggu tetap blm dtng ....bgmn ini !!!!!! mau brkt kerja luarkota jadi kacau lagi. anton . tlp 085641215336

Tanggapan :
???
( 04-11-2011 ) :: Bani
Perubahan Daya
Pengaduan :
saya Ingin menanyakan,apakah menaikan listrik dari paskabayar ke paskabayar sudah tidak dapat dilayani lagi?? Tujuan saya menaikan daya adalah untuk membuka usaha WARNET,dan ingin melakukan tambah daya dari 900 ke 200 (DARI PASKA KE PASKA) beberapa kali saya menelepon 123 untuk konfirmasi,pada bulan lalu katanya bisa dan bebas dari biaya dikarenakan masa promo GRATIS dan dikarenakan memang meter PRABAYAR juga kosong, dan hari ini saya menelepon lagi katanya sudah tidak bisa untuk daerah parakan temanggung.. para CS bersikeras tetap tidak BISA Seperti sebuah pemaksaan menurut saya,dan bukan suatu kewajiban untuk berpindah ke meter prabayar.. Untuk pihak PLN apa tidak bisa memberikan sedikit pengecualian/Toleransi untuk pelanggan dengan kelas BISNIS,karena UPGRADE ke prabayar akan memberatkan pelanggan tersebut seperti contohnya saya ingin membuka WARNET,mau tidak mau harus DEPOSIT pulsa dulu sebelum usaha bisa jalan.. Sebaiknya PLN tidak harus MEMAKSAKAN pelanggan untuk menggunakan meteran PRABAYAR walaupun nantinya akan disosialisasikan Kalau kelas R saya rasa tidak jadi masalah,karena hanya pemakaian rumah tangga saja,lain lagi jika listrik digunakan secara vital seperti saya usaha warnet,tentu akan banyak yang meraasa keberatan,dengan kebijaksanaan ini Demikian pertanyaan dan keluhan dari saya Mohon dijadikan periksa dan segera ditanggapi,agar saya bisa melakukan tambah daya dari PASKABAYAR 900 KE PASKABAYAR 2200

Tanggapan :
Yth. Bp. Bani di tempat.

Pertama kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi bapak di web site PLN Magelang.

Atas pertanyaan bapak tentang Perubahan Daya (PD) dari paska bayar ke paska bayar MASIH BISA DILAYANI. Silahkan bapak datang di UPJ Temanggung.

Demikian penjelasan singkat kami kurang lebihnya kami ucapkan terima kasih.

Wassallam,
PLN APJ Magelang
( 22-10-2011 ) :: soebari langgar
Perubahan Daya
Pengaduan :
cara menaikan daya

Tanggapan :
Yth. bapak Soebari langgar di tempat.

Untuk menaikan daya caranya sekarang lebih mudah yaitu dengan menghubungi Contac Center 123 dengan menyebutkan ID Pelanggan

Demikian penjelasan kami atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Wassallam,
PLN APJ Magelang
( 04-06-2011 ) :: SLAMET RIYADI
Perubahan Daya
Pengaduan :
saya warga jambewangi 3 secang, magelang Rt 26 / Rw 12... sudah 4 hari saya mengadukan adanya gangguan akibat turunya daya listrik... Tapi sampai detik ini belum ada tanggapan, hanya janji manis saja... saya mohon segera di tindak lanjuti.... Kiranya hanya itu dari saya, semoga menjadi koreksi bagi pihak PLN bisa hub saya di nomor 08122769586

Tanggapan :
Menindaklanjuti pengaduan Bapak Slamet Riyadi, dapat kami sampaikan :

1. Kantor piket jaga tugas teknik perbaikan melaksanakan tugas selama 24 jam setiap hari.

2. Disamping menulis di website ini , untuk mendapatkan tanggapan dan tindaklanjut cepat dapat telepon ke PLN terdekat.

3. Petugas teknik perbaikan telah menindaklannjuti perbaikan adanya gangguan aliran listrik tersebut sebagaimana mestinya.

4. Terima kasih kerjasamanya Bapak ikut mengawasi dalam pelaksanaan tugas tersebut, diketahui adanya LC pool dan LC OK.

Demikian disampaikan atas partisipasi dan kerjasamanya diucapkan terima kaih.

Wassalam,
PLN UPJ MAGELANG KOTA.
( 22-05-2011 ) :: agus
Perubahan Daya
Pengaduan :
kemarin saya naikkan daya dari 400 ke 1300 v, ko biayanya ampe 800 ribu setelah di confirmasi ke pln kota mungkid malah di ketawain,,, tolong di tindak lanjutin,,, kmrin lewat pln muntilan,, saya lupa orangnya tapi ciri cirinya gak gendut

Tanggapan :
Yth Sdr Agus.

Menjawab pengaduan Saudara dapat kami sampaikan informasi, pengajuan tambah daya tersebut telah terealisasi untuk pelanggan dengan data a.n :
Nama Pelanggan : SITI ASMANAH, Nomer Pelanggan 521540241630, Nomer Meter 14024518756 (HEXING) Tarip / Daya : R.1 / 1300 A l a m a t: DS DERMO

Dalam proses penambahan daya ini perlu kami jelaskan hal sebagai berikut :

1. Penambahan daya dari 450 VA menjadi 1300 VA dilakukan pembayarannya secara on-line di Kantor Pos pada tanggal 16 Pebruari 2011 (tidak di loket PLN) dengan kwitansi tanggal yang sama , serta jumlah biaya senilai : Biaya Pemasangan (BP) = Rp 637.500,- + Materai Rp 3000,- = Jumlah Rp 640.000,-. Juga perlu kami sampaikan bahwa Penambahan daya dilakukan sebelum diberlakukan program Penambahan daya GRATIS ( tanggal 22 Pebruari 2011 s/d bulan Juni 2011) , sehingga proses penambahan daya yang saudara lakukan tidak mendapatkan program GRATIS dari PT PLN.

2. Pada tanggal 6 Mei 2011 pelanggan tsb mengajukan proses Migrasi dari Pasca Bayar menjadi Pra Bayar yang diproses langsung di loket PT PLN UPJ Borobudur dengan biaya administrasi Migrasi gratis , hanya pelanggan diwajibkan untuk melunasi :
-* Sisa pakai KWH Migrasi ke prepaid sejumlah Rp 83.740,- dengan no kwitansi 002833/R tanggal 6 Mei 2011
-* Pembelian Token perdana prepaid Rp 18.349 ,- + PPJ KWH perdana prepaid Rp 1.651,- = Jumlah Rp 20.000,- dengan no kwitansi 002832 tgl 6 Mei 2011.

Perkenankanlah kami menghimbau :

Untuk melakukan proses Penambahan daya diharapkan agar tidak melalui penghubung / calo , dikarenakan proses tsb dapat dilakukan oleh pelanggan sendiri. Perlu kami sampaikan SOP maksimal waktu yang dibutuhkan dari pembayaran BP di loket s/d realisasi di rumah pelanggan maksimal 2 hari serta proses administrasi yang sangat mudah.

Demikian disampaikan atas pemahamannya diucapkan terima kasih.

Wassalam,
PLN UPJ BOROBUDUR
( 18-05-2011 ) :: Ade Kurniawan
Perubahan Daya
Pengaduan :
pak apa ada penulis sepertinya tanpa memberi identitas lengkap, kok pln sampaikan kesulitan menindaklanjuti dan sering tanya identitas jelas. saya baca tanggapan pln cukup baik, namun kok ada pengadu namun tak ingin ditanggapi dan diselesaikan dengan baik ya..

Tanggapan :
Menjawab pertanyaan Bapak Ade Kurniawan dapat disampaikan:

1. Website www.plnmagelang.co.id kolom pengaduan adalah sarana untuk menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan kelistrikan secara umum, dan khususnya untuk tindaklanjut penyelesaian pengaduan pelanggan dalam wilayah kerja PLN APJ Magelang.

2. PLN Magelang berkomitmen untuk menanggapi dan menjawab serta menindaklanjuti atas pengaduan/ permasalahan yang di alami Pelanggan.

3. PLN dapat cepat menanggapi dan menindaklanjuti suatu pengaduan, memerlukan informasi permasalahan serta didukung dengan data nama pelanggan dan alamat yang jelas, lebih baik juga memberikan informasi nomer telepon/alat komunikasi yang dapat dihubungi.

4. Dengan memberikan Identitas Nomer Pelanggan dengan benar, memudahkan pencarian data pada Data Induk Pelanggan sehingga petugas PLN dapat segera datang ke tempat lokasi rumah Pelanggan.

5. Memang ada beberapa penulis hanya menulis nama saja menyebabkan sulit dihubungi, sehingga PLN belum dapat menindaklanjuti dengan baik.

Demikian disampaikan atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Wassalam,
PLN APJ MAGELANG>
( 06-05-2011 ) :: wayo
Perubahan Daya
Pengaduan :
bapak,saya sudah melunasi biaya untuk tambah daya ke kantor pln bumiayu brebes,saya tanya ke kasir paling lama berapa hari bu,jawab kasir paling lama 10hari.setelah saya tunggu sampai 10 hari ko blm juga d pasang,saya datang lagi ke kantor pln,jawab mereka masih antri pak.apa pelu saya kasih duit lagi yah pak buat yang masang?????????

Tanggapan :
Menjawab pengaduan Sdr Wayo:

PLN kesulitan menanggapi dan menindaklanjuti pengaduan Saudara.

Agar PLN Magelang Dapat meneruskan pengaduan Saudara ke PLN Bumiayu Brebes dengan baik, mohon informasi jelas Nama Pelanggan alamat dan nomer Pelanggannya.

Demikian disampaikan.

Wassalam,
PLN APJ Magelang.
( 16-04-2011 ) :: moeslim
Perubahan Daya
Pengaduan :
Assalamualaikum,Pak kami mau tanya. kemarin saya mengajukan kenaikan listrik dari 1300 ke 3500. ketika saya dateng ke PLN oleh receptionisY saya disuruh konsultasi sama seorang petugas. kemudian orangY dateng kerumah dan saya disuruh bayar 2.200.000. lngsung saya bayar karena bilangY 3hr lngsung proses & 1 hr itu juga saya diberikan surat pengajuan kenaikan daya yg brtanda tangankan materai. trnyta sampai(2 minggu) blm juga terpasang,saya mulai curiga mungkn itu bkn petugas PLN tapi calo. Lalu bagaimana pak apkah pengajuan kenaikan daya itu bisa di cancel?biar uang saya kembali dan saya pindah ke daya 2.200 saja yang gratis. (523010434591.endang sri wahyuni.jln nakula raya no 41.c semarang)

Tanggapan :
Yth. Bapak Moeslim di tempat.

Sebelumnya kami ikut prihatin dengan masalah bapak yang sedang dialami.

Dari keluhan bapak kami kurang jelas kejadian tersebut karena bapak tidak menyebutkan dengan detail kejadiannya yaitu kapan dan di Unit mana sehingga kami mudah untuk menelusurinya.

Untuk itu kami harap bapak bisa menyampaikan kronologisnya dengan lengkap.

Perlu kami informasikan bahwa biaya untuk tambah daya adalah Rp. 775,-/VA ny. Kalau daya semula 1300VA dan mau tambah daya 3500VA maka biaya yang harus dibayar adalah (3500VA - 1300VA) x Rp.775,- = Rp. 1.705.000,-. belum termasuk meterai.

Sekali lagi perlu kami ingatkan dalam kebutuhan listrik PLN jangan lewat orang lain/calo, dapat datang langsung ke loket PLN yang terdekat.

Demikian penjelasan kami dan atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Wassalam,
PLN APJ Magelang.
( 05-04-2011 ) :: Sariman Atmorejo
Perubahan Daya
Pengaduan :
sebelumnya saya minta maaf kalau pengaduannya kesini. saya cuma mau tanya, kalau prosedur menurunkan tegangan dari 1300 ke 900 itu apa dan bagaimana? apakah dikenakan biaya yang cukup mahal? soalnya dengan tarif yang sekarang saya cukup terbebani, demikian, harap di jawab dengan bijak. Id saya 521072082131 terima kasih.

Tanggapan :
Yth. Bapak Sariman Atmorejo di tempat

Menjawab pertanyaan bapak kami sarankan bapak bisa migrasi ke Listrik Prabayar, karena dengan Listrik Prabayar semua pemakaian tergantung bapak karena Token/Strom/Pulsanya bapak sendiri yang menentukan iritnya.

Kalau turun daya dikawatirkan nanti bapak kebutuhan listriknya naik lagi akan mengalami mati lampu (jeglak jeglek) karena dayanya tidak kuat.

Untuk turun daya tidak dipungut biaya, bapak datang saja di kantor PLN UPJ Wagelang Kota di daerah Kebonpolo dengan membawa foto copy KTP dan rekening listrik terbaru.

Demikian penjelasan kami kurang lebihnya mohon maaf.

PLN APJ Magelang.
( 04-04-2011 ) :: reno
Perubahan Daya
Pengaduan :
perubahan daya 450 ke 900 dari tanggal 28 -3-2011 nyampe skrng tgl 5-4-2011 kok blm dilakukan....katanya 3 hari ok...

Tanggapan :
Yth. Bapak/Ibu Reno di tempat

Pertama tama kami mohon maaf atas ketidak nyamanannya terkait dengan pelayanan kami.

Untuk mempermudah penanganan kami di lapangan, kalau bapak/ibu tidak keberatan bisa memberi data2 antara lain : 1. IDPel 2. Alamat rumah yang lengkap dan 3. No telepon yang bisa kami hubungi.

Demikian penjelasan kami dan kurang lebihnya kami mohon maaf.

PLN APJ Magelang.
( 23-03-2011 ) :: Marlani
Perubahan Daya
Pengaduan :
Saya dengar,skarang prubahan daya 450V ke 900V gratis? Apa benar? Apa saja p'syaratanya,apabila saya ingin migrasi daya. Tlg jwbanya dtggu scptnya. Trmksh

Tanggapan :
Menjawab pertanyaan Saudara/saudari dapat kami informasikan:

1. Tambah daya yang mendapatkan fasilitas gratis adalah 450 VA atau 900 VA menjadi daya 1300 VA s/d 2200 VA.

2. Syarat mudah datang ke Kantor PLN terdekat membawa contoh rekening beserta copy KTP Pelanggan.

3. Kesempatan tambah daya menjadi 1300 VA atau 2200 VA GRATIS hanya sampai dengan bulan Juni 2011.

Demikian disampaikan informasi.

Wassalam,
PLN APJ MAGELANG.
( 19-02-2011 ) :: Budi Saputro
Perubahan Daya
Pengaduan :
saya pake listrik 1300 dimasukkan paket bisnis padahal dulunya sosial dan tidak ada pemberitahuan saat dipindah paketnya, dibagian depan memang ada warung serta 1 komputer PPOB, saya merasa keberatan jika dimasukkan paket bisnis sementara listrik juga dipake untuk rumah biasa....bagaimana sebaiknya?apakah saya harus turun daya 900 aja.

Tanggapan :

Menanggapi pengaduan Saudara dapat kami jelaskan sebagai berikut:

1. Nomer ID Pelanggan 521520030893 atas nama Budi Saputra alamat Purworejo sampai saat ini masih status dengan Tarip R.1/ 1300 VA. listrik dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga dengan golongan tarip rumah tangga.

2. Atas dasar apa Saudara dapat menulis perubahan golongan tarip menjadi bisnis.

3. Saudara dipersilahkan dengan membawa bukti dapat mengadu dan mengajukan keberatan ke kantor PLN UPJ Purworejo.

4. Penetapan Golongan Tarip disesuaikan dengan peruntukan listrik dan kenyataan riel yang ada dirumah Pelanggan.

5. Banyak sedikitnya jumlah kwh dan besar rekening listrik adalah tergantung dari pemakaian.

6. Listrik untuk kehidupan yang lebih baik, gunakan yang ada manfaat matikan lampu dan electronik pada saat tidak perlu.

7. Irit listrik hemat duit.

8. Masalah turun daya yang dapat mengukur kebutuhan adalah Pelanggan sendiri, PLN siap setiap saat melayani.

Demikian disampaikan

Wassalam,
PLN APJ MAGELANG
( 24-01-2011 ) :: Junaeni
Perubahan Daya
Pengaduan :
Saya mau tanya penambahan daya listrik dari 1300 ke 3000 yach berapa ya.

Tanggapan :
Menjawab pertanyaan Saudara dapat kami jelaskan sebagai berikut:

1. Tarip daya tersambung diatas 2200 VA = Rp.775,- / VA.

2. Biaya tambah daya = Daya baru - (dikurangi) daya lama x (kali) Rp.775,-

3. Penggantian/penambahan instalasi silahkan menghubunigi BTL untuk biayanya.

Demikian disampaikan,

Wassalam,
PLN APJ Magelang.
( 11-12-2010 ) :: Cahyono HP
Perubahan Daya
Pengaduan :
Mohon informasi untuk migrasi sekaligus tambah daya dari 900 pasca bayar ke 1300 pra bayar total biayanya berapa? Terima Kasih

Tanggapan :
Terima kasih atas perhatian Anda yang akan migrasi/pindah ke layanan Pra Bayar.

Untuk itu kami informasikan tambah daya & migrasi pelanggan 900 ke 1300 VA sbb :

1. Tarip daya tersambung sd 1300 VA = Rp.750,-/VA.

2. Biaya Penyambungan = (1300-900) x Rp.750,- = Rp. 300.000,-

3. Pembelian Token Perdana (minimal) = Rp. 20.000,-

Jumlah biaya = Rp. 320.000,-

4. Tidak dikenakan rupiah pembayaran Bea Beban.

Kami sarankan untuk pembelian Token Perdana sebaiknya minimal Rp.250.000,-

Karena dapat digunakan sebagai awal pertama kali pemantauan pemakaian listrik, dengan pembayaran sistim prabayar.

Demikian kami sampaikan, terima kasih.

Wassalam,
PLN UPJ Purworejo.
( 08-12-2010 ) :: aditya p
Perubahan Daya
Pengaduan :
persahaan kami adlah pelanggan jbst 555 kva, dan kami sekarang sedang merencanakan untuk perubahan ke pelanggan reguler 555 kva,mohon penjelasan berapa biaya perubahan dr jbst ke reguler trsebut...trimakasih...

Tanggapan :
???
( 01-11-2010 ) :: indra
Perubahan Daya
Pengaduan :
assalamualaikum saya pelanggan pln di daerah jumoyo, salam, magelang. saya mau menanyakan biaya untuk menaikan daya dari 450VA menjadi 900VA berapa, soalnya saya tanya kepada petugas yang mencatat di meteran listrik kok sampai 500ribu,, mohon penjelasanya wassalamualaikum

Tanggapan :
???
( 20-10-2010 ) :: zaki
Perubahan Daya
Pengaduan :
pak saya mau naikin daya d rumah saya, tp masih binggun mau d jadkan 900 to 1300 katanya perbedaan pemabyaran antara 900 dan 1300 BEDA JAUH tolong pencerahannya pak, gmn perhitungan tarif antara 900 dan 1300 trimakasih

Tanggapan :
Disampaikan penjelasan informasi atas pertanyaan Bapak Zakki sebagai berikut :

1. Untuk dapat menjelaskan dengan benar mohon Bapak Zakki melengkapi Nama dan nomer ID Pelanggan.

2. Tarip Dasar Listrik digolongkan beberapa macam, antara lain tarip Rumah Tangga(R), Bisnis ( B ) , Sosial ( S ), Industri ( I ) serta tarip Pemerintah ( P )

3. Masing masing golongan tarip ada yang dikenakan batasan pemakaian dan tarip secara progresif dengan rupiah yang berbeda.

3. Tarip daya sampai dengan 900 VA. dikenakan dengan Tarip Dasar Listrik 2010 namun harga tetap sama, tidak ada perubahan rupiah dari TDL 2004 dan tetap dikenakan Bea Beban.

4. Sebagai contoh misal saja dengan daya 900 VA pemanfatan listrik untuk Rumah tangga adalah : pemakaian sampai dengan 20 kwh taripnya Rp 275,-/kwh; pemakaian dari 21 sd 60 kwh taripnya Rp.445,-/kwh; pemakaian mulai dari 61 keatas taripnya 495,-/kwh.

5. Jika Bapak sebagai pelanggan layanan prabayar daya 900 VA Taripnya RP.605,-/Kwh flat, tanpa dikenakan rupiah Bea Beban dan tanpa dikenakan pemakaian minimum.

6. Jika Bapak tambah daya menjadi 1300 VA. pemanfatan untuk Rumah tangga taripnya Rp. 790,- flat dikenakan batasan pemakaian minimum selama 40 jam, artinya jika listrik tidak dipakai sama sekali Bapak dikenakan pemakaian 52 Kwh.

7. Jika sebagai pelanggan layanan prabayar daya 1300 VA taripnya Rp.790,- flat tidak dikenakan Bea Beban dan tidak dikenakan pemakaian minimum.

8. Karena terbatasnya ruang yang disediakan kami ambilkan contoh salah satu golongan tarip pemanfaatan listrik untuk Rumah tangga.

9. Sekiranya ada hal hal yang belum jelas dan untuk mengetahui secara lengkap Tarip Dasar Listrik dipersilahkan Bapak dapat datang ke Kantor PLN terdekat.

Demikian disampaikan informasi dan atas pemahamannya diucapkan terima kasih.

Wassalam,
PLN APJ MAGELANG.
( 20-10-2010 ) :: zaki
Perubahan Daya
Pengaduan :
1.maksud saya gimana pengenaan biaya (TDL) pengunaan 900W dan 1300W 2. apakah sekarang masih d kenakan biaya beban adan trf progresif (bertingkat)bkn satu tarif??

Tanggapan :
???
( 06-10-2010 ) :: tridiyanto hermawan
Perubahan Daya
Pengaduan :
saya mau menanyakan tentang perubahan daya. rumah saya sekarang berdaya 450 watt mau saya naikkan menjadi 1300 watt. saya tinggal di jogja, kira-kira siapa yg harus saya hubungi agar penindakkannya cepat?

Tanggapan :
Terima kasih kami sampaikan atas penggunaan sarana website PLN APJ Magelang. Maka perkenankan kami menjawab yang menjadi kebutuhan listrik Bapak:
1. Dipersilahkan Bapak atas kebutuhan listrik datang langsung keloket pelayanan Pasang Baru dan Tambah Daya pada loket PLN dimana pelanggan teradministrasi.
2. Datang membawa contoh rekening lama, hindari minta tolong pada orang yang bukan kewenangannya menangani.
Demikian disampaikan atas pemahamannya diucapkan terima kasih.

Wassalam
PT PLN APJ MAGELANG.
( 28-08-2010 ) :: slamet wiyono
Perubahan Daya
Pengaduan :
kami ingin menanyakan biaya perubahan daya dari 450 menjadi 900 terima kasih sebelumnya

Tanggapan :
Yth Bapak Slamet Wiyono
Ass.Wr.Wb
Kami mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi bapak di website PLN Magelang.
Sehubugan dengan pertanyaan Bapak dengan ini kami sampaikan penjelasan sebagai berikut :
1.Biaya Penyambungan (BP) sesuai ketentuan TDL Tahun 2010 untuk daya 450 VA s.d 2.200 VA sebesar Rp.750,- per VA.
2.Uang Jaminan Pelanggan (UJL) sesuai ketentuan TDL Tahun 2010 untuk daya 900 VA sebesar Rp. 101,- per VA.
3.Biaya penambahan daya dari 450 VA menjadi 900 VA adalah :
a.BP : Delta daya X tarif BP/VA
: ( 900VA 450 VA) X Rp. 750/VA
: 450 VA x Rp.750/VA
: Rp. 337.500,-
b.UJL daya 900 VA = 900 x Rp.101,-
= Rp 90.900,-
c.UJL daya 900 VA yaitu sebesar Rp.90.900,- masih dikurangi UJL daya 450 VA.
d.Materai Rp.3000,-
e.Jadi Beaya yang harus dibayar oleh Pelanggan adalah = Rp.337.500,- + Rp. 90.900,- dikurangi UJL daya 450 VA + Rp.3000,-
f.Besar rupiah Uang Jaminan Pelanggan Daya Lama akan diketahui pada Data Base (Data Pelanggan) setelah kami mengetahui ID Pelanggan.
4.Pendaftaran Penambahan Daya dapat dilaksanakan di PLN UPJ terdekat, Kantor Pos dan Bank BRI.
5.Tambah daya akan dilaksanakan maksimal H + 3 sejak pembayaran BP/UJL.
6.Informasi lengkap dapat dibaca pada halaman awal website ini, pada kolom info Tips Pelanggan.
Untuk lebih jelasnya Bapak bisa datang ke loket2 yang ada di Kantor PLN terdekat dengan rumah Bapak.
Demikian disampaikan, atas pemahamannya diucapkan terima kasih.
Wassalam,
PLN Magelang
( 03-08-2010 ) :: helen
Perubahan Daya
Pengaduan :
kmrn saya ke kantor pln di daerak saya di rangkasbitung lebak banten untuk menambah daya listik untuk toko dari 4400 ke 6600. sebelumnya saya juga sudah pakai meteran pln yg batu(prabayar) disana saya diberi tahu jika biaya penambahan daya itu senilai rp 6.734.600 apakah itu benar biaya penambahan daya semahal itu??? terima kasih

Tanggapan :
Terimakasih kami sampaikan atas pertanyaan yang ditulis pada layanan Website PLN APJ MAGELANG. Berdasarkan ketentuan tarip layanan baru tahun 2010, Daftar Tarip dan biaya dapat dimintakan pada kantor PLN terdekat. Dengan ini dapat kami tambahkan pula sebagai berikut:
1. Daya baru yang dikehendaki dikurangi daya yang telah ada dikalikan dengan tarip.
2. Biaya untuk penyesuaian instalasi dengan daya yang baru.
3. Pelanggan dapat langsung datang kepada petugas diloket Pelayanan Pasang baru dan perubahan daya.
4. Untuk dapat diproses permohonannya mohon dapat membawa contoh rekening ke PLN dimana pelanggan teradministrasi.
Demikian disampaikan atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Wassalam,
PT. PLN (PERSERO) APJ MAGELANG.
( 20-07-2010 ) :: H. Wagimin Ks
Perubahan Daya
Pengaduan :
Ass. Wr. Wb Saya mau tanya soal perubahan daya pak? Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menaikkan daya dari 1300 watt menjadi 2200 watt dan berapa lama waktunya?. Sebagai informasi saya beralamat di : Jl. Mayor Abdul Barri no.118 rt.19 rw04. kalidoni Palembang Terima kasih, Wassalamualaikum Wr.Wb

Tanggapan :
Terima kasih kami sampaikan atas penyampaian pertanyaan lewat layanan Website APJ Magelang. Perkenankan kami jelaskan atas pertanyaan Bapak. Dalam kaitan kebutuhan Listrik dapat langsung datang ke Kantor PLN dimana Nama Pelanggan dalam rekening teradministrasi. Bapak dengan membawa contoh rekening silahkan temui petugas diloket pelayanan Pelanggan yang menangani Proses Pasang Baru dan perubahan Daya. Disana akan diberikan informasi rincian perhitungan secara jelas lewat system atau lewat Komputer berapa biaya yang harus dibayar. Agar didapat jawaban benar hindari menemui dan minta bantuan pada seseorang yang bukan tugasnya. Demikian disampaikan atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Wassallam.
PT PLN (Persero) APJ Magelang.
( 08-07-2010 ) :: sudiantoto
Perubahan Daya
Pengaduan :
Perkenalkan saya sudiantoto, alamat di pandaan jawa timur. mohon maaf bila saya bertanya di sini, karena ketika tanya di PLN Pandaan jawabannya kurang memuaskan dan gak bisa detail. Saya mau menaikkan daya listrik rumah saya No 513550078777 dari 900 watt menjadi 1300 watt. Berapa tarif yang sebenarnya? Soalnya ketika saya tanya ke orang yg bagian ngecek listrik tiap bulan, dia minta 1,2jt tahu beres. Dijelaskan bahwa mahal itu dikarenakan masih perlu SLO (Survey Layak Operasi) atau apa gitu. Dan mungkin nanti juga perlu ganti kabel ... Terus ketika di Kantor PLN UPJ Pandaan, tidak dijelaskan secara detail. Hanya dibilang "agak mahal mas". Mahal di sini berapa ? Khan relatif ukurannya ... Mohon maaf, kalau bagi saya 1,2jt tak begitu mahal. Demikian, terima kasih.

Tanggapan :
Terima kasih kami sampaikan atas penyampaian pertanyaan lewat layanan Website APJ Magelang. Perkenankan kami jelaskan atas pertanyaan Bapak. Dalam kaitan dengan keperluan Listrik Bapak dapat langsung datang ke Kantor PLN loket pelayanan dimana Nama Pelanggan dalam rekening teradministrasi, dengan membawa Contoh rekening atau identitas kartu Pelanggan. Bapak silahkan temui petugas resmi diloket pelayanan Pelanggan yang menangani Proses Pasang Baru dan perubahan Daya. Disana akan diberikan informasi secara jelas lewat system atau lewat Komputer berapa yang seharusnya dibayar secara resmi. Agar didapat jawaban jelas,hindari menemui seseorang yang tidak jelas indentitas tugas resminya. Demikian disampaikan atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Wassallam.
PT PLN (Persero) APJ Magelang.
( 10-05-2010 ) :: sutrisno eno
Perubahan Daya
Pengaduan :
Pengaduan : tarif rekening kok terus naik di probolingo tiap bulan pasti naik 10% g sebanding dengan pemakaian.........?? pelanyan informasi harap benar-benar di terapkan karna banyak masyarakat yang tidak tau dengan kenaikan tarif pembanyaran listrik.

Tanggapan :
Terima kasih kami sampaikan Bapak telah menggunakan fasilitas layanan Website PLN APJ Magelang. Meskipun Bapak sebagai pelanggan daerah kerja PLN Probolinggo, kami informasikan bahwa kenaikan Tarip Listrik "baru" saat ini belum diberlakukan oleh Pemerintah. Jika Bapak dapat memberikan Data Pelanggan Nama dan ID Pelanggan yang dimaksud kami dapat menelusuri untuk meberikan informasi secara jelas. Pemakaian dan tagihan Rekening dapat dihitung secara jelas dan transparan,dihitung dari angka stand meter. Pembacaan angka stand meter dilakukan satu bulan sekali sesuai jadwal yang ditentukan. Angka stand meter pecatatan bulan ini dikurangi angka stand meter pencatatan bulan lalu itulah jumlah pemakaian. Jumlah pemakaian itulah yang akan dikalikan dengan Tarip Dasar Listrik yang saat ini belum ada kenaikan. Banyak sedikit nya pemakaian listrik tergantung keperluan penerangan dan penggunaan sarana electronik. Untuk itulah marilah kita laksanakan semboyan IRIT LISTRIK HEMAT DUIT. gunakan seperlunya. matikan perlengkapan elektronik saat tidak diperlukan. Demikian disampaikan dan terima kasih atas pemahamannya.

Wassallam
PLN APJ Magelang.
( 05-04-2010 ) :: RANI
Perubahan Daya
Pengaduan :
Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas penjelasan yang telah diberikan untuk pertanyaan saya sebelumnya. Sekarang yang ingin saya tanyakan, kira-kira biaya yanga harus saya bayar setiap bulan untuk daya 3500 watt berapa ya? Untuk diketahui usaha saya adalah warnet. Kemudian saya ingin minta penjelasan tentang tag listrik dengan sistem pulsa. Terima kasih

Tanggapan :
Yth. Ibu Rani
Yang kesekian kalinya kami mengucapkan banyak2 terima kasih atas kesetiaan Ibu Rani berkunjung di website PLN Magelang.
Kami doakan semoga ibu Rani sekeluarga selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT, amin.
Berikut penjelasan kami tentang pertanyaan ibu Rani :
1. Biaya yang harus dibayar setiap bulan sangat tergantung dari pemakaian. 2. Kami hanya dapat memberikan informasi mengenai : a. Harga jual energi listrik Pasca Bayar : - Daya 3.500 VA tariff B2 sebesar Rp. 1.100/kWh - Dikenakan energ minimum sebesar 98 kWh atau pembayaran minimum sebesar Rp. 107.800 (98 kWh X Rp. 1.100/kWh) belum termasuk pajak penerangan jalan. - Tidak dikenakan biaya beban b. Harga jual energi listrik Pra Bayar (sistem pulsa yang ibu Rani maksudkan) : - Daya 3.500 VA tariff B2 sebesar Rp. 1.033/kWh - Tidak dikenakan energi minimum - Tidak dikenakan biaya beban
Demikian penjelasan kami, apabila ingin mendapatkan penjelasan lebih detail mohon bisa datang ke PLN UPJ terdekat. Terima kasih.
Wassallam,
PLN Magelang
( 31-03-2010 ) :: rani
Perubahan Daya
Pengaduan :
Pak, saya pelanggan daerah purworejo. Saya hanya ingin tahu, biaya tambah daya antar wilayah di purworejo itu sama atau beda ya pak? klo beda penyebabnya apa? soalnya saya sudah tambah daya dari 1300 menjadi 2200 kena biaya 1,3 juta pd bulan januari 2010.kemudian apabila saya menginginkan tambah daya dari 2200 menjadi 3500 itu biayanya berapa ya pak?mohon informasinya..terima kasih

Tanggapan :
Yth. Ibu Rani
Pertama-tama kami mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi ibu pada website PLN Magelang.
Berikut adalah penjelasan yang bisa kami berikan :
1. Biaya tambah daya di semua PLN adalah sama
2. Untuk melaksanakan tambah daya sebaiknya tidak melalui perantara, Saudara datang langsung ke kantor PLN, Kantor Pos atau BRI
3. Sejak bulan Desember 2009, PLN telah melaksanakan naik daya online, artinya untuk tambah daya pelanggan tidak harus datang ke kantor PLN, tetapi dapat memproses tambah daya di Kantor Pos dan Bank BRI.
4. Biaya tambah daya dari 1.300 VA menjadi 2.200 tarif R1 adalah : Biaya Penyambungan (BP) sebesar Rp. 300/VA sehingga BP yang harus dibayar
adalah = (2.200 1.300) VA X Rp. 300/VA = Rp. 270.000,-
Uang Jaminan Pelanggan (UJL) sebesar Rp. Rp. 101/VA sehingga UJL yang harus dibayar adalah = 2.200 VA X Rp. 101/VA = Rp. 222.220,- Jumlah = Rp. 492.220,-
Biaya tersebut belum dikurangi UJL daya 1.300 VA dan belum termasuk biaya meterai.
5. Apabila Saudara telah membayar sebesar Rp. 1.300.000,- artinya biayanya jauh di atas biaya yang dibayarkan ke PLN.
6. Apabila Saudara akan tambah daya dari 2.200 VA menjadi 3.500 VA, biayanya adalah :
Biaya Penyambungan (BP) sebesar Rp. 350/VA sehingga BP yang harus dibayar adalah = (2.200 1.300) VA X Rp. 350/VA = Rp. 455.000,-
Uang Jaminan Pelanggan (UJL) sebesar Rp. Rp. 113/VA sehingga UJL yang harus dibayar adalah = 3.500 VA X Rp. 113/VA = Rp. 395.500,- Jumlah = Rp. 850.500,-
Biaya tersebut belum dikurangi UJL daya 1.300 VA dan belum termasuk biaya meterai.
6. Apabila Saudara mendaftar di loket UPJ, tambah daya akan dilaksanakan paling lambat H+2 (hari kerja) sejak pembayaran BP dan UJL.
7. Apabila Saudara mendaftar di loket Kantor Pos atau Bank BRI, tambah daya akan dilaksanakan paling lambat H+3 (hari kerja) sejak pembayaran BP dan UJL.
Demikian penjelasan kami, silahkan Saudara mengurus tambah daya di loket PLN, Kantor Pos atau Bank BRI, akan segera kami tindaklanjuti. Terima kasih.
Wassallam,
PLN Magelang
( 09-03-2010 ) :: ABDUL MANAF
Perubahan Daya
Pengaduan :
Mohon tanggapan dari pihak PLN. Sehubungan kami sudah mengajukan prmohonan tambah daya dari 1300 VA ke 2200 VA kurang lebih sudah 3 bln pengajuan sampai skarang. Dikarenakan dari pertama pengajuan katanya akan diganti KWH mtr Prabayar yang merupakan program dari PLN. Namun sampai skarang blm juga terealisasi? Padahal kami sudah bayar sejumlah uang administrasi? Setelah kami tanyakan ke pihak BTL yang melakukan survei,jawabnya selalu sama "mungkin bulan ini karena kwh mtr prabayar masih di APJ Magelang dan blm didistribusikan ke Purworejo" mohon tindak lanjut dan realisasinya!!! Trimakasih.

Tanggapan :
Yth. Bp. Abdul Manaf
Pertama kami mengucapkan terima kasih atas respon Bapak dalam menanggapi program PLN dengan mengganti meter Pra Bayar. Kami bisa menyarankan Sbb:  Mohon informasi nomor ID dan Nama Pelanggan yang akan tambah daya sehingga kami dapat memeriksa permohonan Bapak sudah diproses di PLN atau belum.
 Memang sampai saat ini kami belum mendapat KWH Meter untuk Program Pra Bayar lagi, jika Bapak berkenan dapat kami proses dengan KWH Meter Konvensional / biasa.
Demikian kami sampaikan dan terimakasih.
Wassallam,
PLN Magelang