Pelayanan
:: Info Rekening
:: Arsip Berita
:: Info Pemadaman
:: Pengaduan
:: Forum
   
Info
:: Profil Perusahaan
:: Info Unit
:: Tips Pelanggan
:: Berita Media
:: Info Tokoh
:: Wisata
:: FAQ
:: Info Manajemen
   
Link
:: PLN Pusat
:: PLN Distribusi Jateng
:: e-Procurement
   
Kontak

 

AREA MAGELANG
Jl. Jend. A. Yani No. 14
Magelang
Telp. (0293) 363355, Jwots : 51127
Fax. (0293) 362144
pln@plnmagelang.co.id

 

 
..:.:.:: Pengaduan pelanggan ::.:.:..

Sampaikan Pengaduan | Lihat Pengaduan

Daftar Pengaduan Pelanggan

Gangguan dan Pemadaman | Baca Meter | Rekening | Perubahan Daya | Lain-lain |
( 14-07-2014 ) :: sardjono
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Selamat pagi... Kami ingin menanyakan gangguan listrik di rumah dengan keluhan sebagai beriku. . . Listrik dirumah kami tiba-tiba redup,ini terjadi setelah ada perbaikan pada tiang listrik didepan jalan raya didekat rumah kami. . .dan bukan listrik pada rumah kami tetapi ada beberapa rumah yang mengalami hal yang sama, kami mohon agarpihak dari PLN segera mengecek dan memberi tindakan pada keluhan kami. . . Sebelum dan sesudahnya kami ucapkan banyak terima kasih, hormat kami keluarga Bpk Sardjono

Tanggapan :
???
( 26-06-2014 ) :: teguh
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Kabel distribusi banyuurip purworejo jalan arah balaidesa candingasinan putus tersambar petir hujan kamis sore ini mohon segera diperbaiki.dikuatirkan bahaya terima kasih

Tanggapan :
???
( 22-05-2014 ) :: teguh santoso
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
mau tanya wilayah magelang pemadama listrik hari minggu tgl 25 mei 2014 ,dusun kalijoso secang jatah pemadaman gak ya,?mohon infonya

Tanggapan :
Yth Bpk. Teguh Santoso
Keluhan Bapak sudah kami sampaikan ke PLN Rayon Magelang Kota untuk dilakukan tindaklanjut
Demikian disampaikan dan terima kasih
Humas PLN Area Magelang
( 17-05-2014 ) :: Archangela T. S.
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Sudah sekitar 1 minggu terakhir (sejak 10 Mei 2014), hampir setiap malam (sekitar jam 19.00) listrik di daerah Banyuurip Tengah, Temanggung (Belakang/selatan Balai Desa Banyuurip,Temanggung) mengalami pemadaman. Hampir setiap malam pula saya selalu menelpon bagian Pengaduan & gangguan di PLN Temanggung. Alasannya ada kerusakan trafo, tapi kok kerusakannya hampir tiap malam dan terpola jam matinya. K\\\'lo belum ada laporan/ditelpon, ya belum diperbaiki alias akan tetap mati. Mohon PLN APJ Magelang yang membawahi PLN Temanggung menindaklanjuti hal ini... Matur nuwun.

Tanggapan :
Yth Bpk/Ibu Archangela TS
Terima kasih atas keluhannya, kami mohon maaf atas padamnya listrik di daerah Bpk/Ibu. Keluhan ini sudah kami sampaikan ke PLN Rayon Temanggung untuk dilakukan tindak Lanjut.
Demikian disampaikan dan terima kasih
Humas PLN Area Magelang
( 28-04-2014 ) :: Bpk. FINDY a/n SRI ROZANI
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Mohon kepastian, mengenai penggantian Metran PLN yang sudah hampir 3bln mati total (sudah kami laporkan..) namun aliran tetap mengalir, sehingga aktifitas kami tetap lancar. Sudah kami tanyakan PLN Parakan 2x via telepon namun jawabannya adalah masih menunggu kiriman dari PLN Magelang??!! Sampai kapan hal ini kan berlanjut? sementara kami punya beban akan tunggakan yang bukan kesalahan kami. Terimakasih.

Tanggapan :
Yth : Bp. Findy
Laporan Bapak sudah kami teruskan ke PLN Rayon Parakan untuk dilakukan tindak lanjut.
Setelah berkoordinasi dengan PLN Parakan, dari PLN Parakan menyatakan bahwa Bapak sudah melaporkan hal ini (kwh meter kaca pecah) tanggal 27 Januari 2014, namun kwh meter belum diganti karena stock meter Postpaid tidak ada di Gudang PLN Area Magelang dan cadangan PLN Rayon Parakan.
Kami mohon maaf atas keterlambatan penggantian kwh meter tersebut, PLN Rayon Parakan akan segera melakukan penggantian kwh meter bapak.
Demikian disampaikan dan terima kasih
Humas PLN Area Magelang & PLN Rayon Parakan
( 13-04-2014 ) :: fairuz uyun
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
listrik di beberapa rumah di dusun kauman 2 rt.17 rw.08 payaman tiba2 padam saat petir menyambar sekitar pkl 21.00.yang padam hanya beberapa rmh saja yg sesaluran.td terdengar ledakan saat ada petir.mohon segera ditindaklanjuti.terimakasih

Tanggapan :
Yth : Ibu Fairuz Uyun
Laporan Ibu sudah kami teruskan ke PLN Rayon Magelang Kota untuk dilakukan tindak lanjut.
Demikian disampaikan dan terima kasih
Humas PLN Area Magelang
( 27-03-2014 ) :: endi
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
PLN membuka web ini tujuan awalnya untuk apa ya? untuk komunikasi dengan customer atau untuk ajang caci maki, mencela atas ketidak puasan customer vs pelayanan oknum pegawai/non pegawai. Maaf saya ikut urun rembug uneg2 yg terlihat dengan mata kepala saya sendiri: Satu, Apa benar PLN bon polo SUDAH BEBAS CALO (baik yg berseragam/preman). Saya pernah dengar langsung Bpk Endro bagian keuangan menyebut BTL = Calo. Tolong hati2 mengeluarkan statement/edaran, setahu saya BTL itu bersertifikasi berbadan hukum serta undang2 yang mengatur mngenai BTL (kewajiban dan hak pengguna, pemasang listrik)yang disahkan oleh Yudikatif Legislatif. Instropeksi diri lebih baik daripada menuding muka orang lain menutupi perilaku anda yang sebenarnya merangkap CALO Laci Meja berkedok seragam dan NIK PLN. Maaf masih banyak pegawai PLN bon polo yg bersih menjadi cemar karena polah anda. Mhn maaf saya sampaikan untuk selalu menjaga PLN BERSIH BERSIH BERSIH. Kedua, Vendor survey n pemasang spedometer itu apakah juga merangkap CALO pasang baru listrik, migrasi, tambah/turun daya, perluasan jaringan juga ya? Apa gunanya surat perjanjian/MOU bila dilanggar!!!!! 2014 masih main langgar melanggar Pejanjian/MOU...bisa BERSIH BERSIH BERSIH HATI NURANI PIKIRAN TINDAKAN PERBUATAN

Tanggapan :
???
( 23-02-2014 ) :: Aris Renggo S
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
no meter pelanggan saya tidak dapat diisi pulsa listrik, mengapa ya? apa yang harus saya lakukan? padahal sebentar lagi kuota pulsa saya habis. mohon tanggapan secepatnya.. terima kasih...

Tanggapan :
???
( 01-02-2014 ) :: agus budiyono
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Dari jam 10:00 pagi di daerah kami alamat jl. Sunan giri rt.03 rw.06 karet jurangombo selatan magelang listrik padam hanya beberapa rumah saja, mohon segera diperbaiki, terimakasih.

Tanggapan :
Yth : Bp. Agus Budiyono
Laporan Bapak sudah kami teruskan ke PLN Rayon Magelang Kota untuk dilakukan tindak lanjut.
Demikian disampaikan dan terima kasih
Humas PLN Area Magelang
( 13-12-2013 ) :: iwan
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
saya kecewa dengan pelayanan PLN yang sering seenaknya melakukan pemadaman secara tidak wajar,sering saya mendapati listrik padam hanya beberapa menit setelah itu menyala kembali dan itu sering terjadi.saya sebagai pelanggan merasa dirugikan karena banyak perangkat elektronik saya yang rusak,mending kalo ada pemberitauan pemadaman terlebih dahulu mungkin bisa saya maklumi.kalo caranya seperti sama saja PLN mengabaikan HAK konsumen.

Tanggapan :
???
( 04-12-2013 ) :: subodo
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Mohon segera diperbaiki atau dihidupkan kembali. Sekitar pukul 21.00 WIB semalam, listrik di daerah kami padam dan sampai sekarang belum menyala kembali. Alamat : kemiri lor wetan kali, kemiri, kutoarjo. Terima kasih

Tanggapan :
Yth : Bp. Subodo
Laporan Bapak sudah kami teruskan ke PLN Rayon Kutoarjo untuk dilakukan tindak lanjut.
Demikian disampaikan dan terima kasih
Humas PLN Area Magelang
( 17-11-2013 ) :: BAMBANG WAGIONO
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Listrik di tempat kami akhir2ini kok sering padam kenapa ya... saat ini ditempat kami padam mulai tadi siang jam 16.00 hingga kini belum nyala. Dinas gangguannya mana ? tim rabas2nya apa dah nggak kerja lagi?

Tanggapan :
Yth : Bp. Bambang Wagiono
Laporan Bapak sudah kami teruskan ke PLN Rayon Kutoarjo untuk dilakukan tindak lanjut.
Demikian disampaikan dan terima kasih
Humas PLN Area Magelang
( 14-11-2013 ) :: legino
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
slamat malam. listrik yg arah ke bpk legino dan lingkungan 3 rumah padam di sebabkan kabel sr lepas dari tiang , trimakasih .mohon cepat bantuan perbaikannya

Tanggapan :
???
( 30-10-2013 ) :: Sastro
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Hari ini listrik rumah kami dipadamkan. Di kotak meterannya ada stiker yg berbunyi bahwa kami menunggak. Padahal, saya hanya bulan Oktober ini yg belum membayar. Sedangkan bulan Oktober ini saja belum berakhir. Bagaimana solusinya? Saya terbiasa membayar tagihan PLN setiap akhir bulan.

Tanggapan :
???
( 18-10-2013 ) :: SUHARTO
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Pak,listrik tempat saya sudah 2 hari mati

Tanggapan :
???
( 04-10-2013 ) :: m.kom
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Telah terjadi kerusakan pada sambungan antar rumah sehingga puluhan rumah mengalami terputusnya listrik. Sudah di laporkan via telp ke cabang kutoarjo kemaren malam. Putus sambungan kurang lebih jam 16.30 sampai pagi belum ada tindakan. Begini pelayanan pln. Kami di rugikan dengan terputusnya sambungan tersebut kami bayar rutin. Kenaikan tarif kami diam pln memperlakukan pelanggan seperti ini. Semoga ini yg terakhir dan segera di perbaiki.

Tanggapan :
???
( 16-09-2013 ) :: Suripto
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Listrik dirumah saya sering naik turun, hal ini mengakibatkan komputer saya sering mati sendiri. Mohon segera diperbaiki. Kwancen RT02/RW01, Bandongan, Magelang

Tanggapan :
???
( 13-09-2013 ) :: Nugraha Yoga Utama
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Listrik di wilayah sekitar jl singosari magelang, mengalami pemadaman sejak pukul 17.30 sampai saat ini, mohon untuk segera di di perbaiki apa bila ada kerusakan atau di hidupkan kembali.

Tanggapan :
???
( 13-09-2013 ) :: Nugraha Yoga Utama
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Listrik di wilayah sekitar jl singosari magelang, mengalami pemadaman sejak pukul 17.30 sampai saat ini, mohon untuk segera di di perbaiki apa bila ada kerusakan atau di hidupkan kembali.

Tanggapan :
???
( 03-09-2013 ) :: samuri
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
tgl 03 september listrik wilayah jln bandongan listrik padam dr jam 16.00 smp jam 18.00 WIB blm jg hidup mohon segera di tangani demi kenyamanan kami.ttrimakasih.

Tanggapan :
???
( 03-09-2013 ) :: fatin
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
listrik jawa tengah mati .kenapa?mohon penjelasannya

Tanggapan :
???
( 24-08-2013 ) :: zuchruf isworo
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Sejak kemarin 23 Agustus 2013 sampai sekarang kami merasakan ada gangguan pada jaringan listrik di tempat kami dan tetangga di Perumahan Bumi Gemilang yaitu pada malam hari lampu kadang terang kadang redup. saat redup beberapa peralatan seperti AC, Kipas Angin berhenti memutar kipas dan blowernya. Hal ini masih kami rasakan sampai jam ini. Mohon ada tindakan Terima kasih

Tanggapan :
???
( 26-07-2013 ) :: Kusuma
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Katanya selama ramadhan tidak akan ada pemadaman listrik,tapi ni udah 2x mati listrik,sktar 2 hr yg lalu mati lampu disaat semua sedang saur,sekarang ini juga mati lampu..ini daerah pangenrejo,purworejo.trima kasih

Tanggapan :
???
( 01-06-2013 ) :: koko
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
mohon bantuanya,meteran yg saya gunakan tertulis 900va,tapi hanya untuk setrika dah padam,untuk tv sama pemanas nasi juga padam..mohon ditangani secepatnya,saya dah lapor ke gangguan layanan terdekat 1x,menghubungi teknisi yg bekerja di layanan gangguan terdekat dah lebih dari 3x...ganguan sdah saya alami skitar lebih dari 1 bulan..

Tanggapan :
???
( 27-02-2013 ) :: iswoto (081328272444)
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
saya merasa sangat kecewa sekali dengan kinerja PLN UPJ BOROBUDUR, maaf saya masuk ke custumer magelang karena semua nomer telpon saya slalu di blok kalo saya menghubungi UPJ BOROBUDUR. dikarenakan saya akui saya pernah marah2 dan memaki2 semua karyawan UPJ BOROBUDUR.saya telat bayar SATU HARI (bnar2 satu hari karena lupa) langsung diputus,o.k itu kesalahan saya karna lalai TAPI yg bikin saya marah karna tidak punya sopan santun atau tidak terpelajar. pemberitahuan pemutusan cuma siselipin dibawah pintu tanpa prmisi atau gmn yg aslinya bisa diselesaikan secara langsung disaat itu jg. sampai sekarang saya masih sangat dendam dengan orang itu. rumahnya rambeanak mungkid pake kaca mata. saya telat 1 hari main putus, tp kalo PLN mati gak mau tahu itu namanya mau menang sendiri.perangkat komputer saya banyak yg rusak gara2 asal matiin listrik kalo perbaikan tanpa pemberitahuan dulu. saya cm 1 kali di sms kl mau padam, it sangat saya hargai tapi setelahnya balik asal matiin lampu lagi... terus sekarang kl mati lampu saya coba telpon ingin tahu apa yg terjadi langsung ditolak. makasih semoga bisa buat kemajuan PLN kedepan....

Tanggapan :
???
( 03-12-2012 ) :: Ferry
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
alam sejahtera, mengikuti perkembangan daerah asal melalui web sering saya lakukan. Saya berharap kabupaten Magelang maju pesat dengan didukung penerangan yang baik merata. 5 tahun sekali bila kesempatan kembali ke Indonesia tidak saya sia-siakn untuk menelusuri hingga kaki G. Sumbing, saya selalu takjub dengan perkembangan yang ada. Namun saya tergelitik saat saya melihat pengaduan p yono (saya hapal letak SD tsb yang mana 2x saya melihat pemandangan pas cuaca cerah tidak dpt terurai dengan kata). Memang belum ada spedometernya karena kali k 2 saya terjebak hujan deras sore hingga saya berkenalan n ditemani berbincang dengan p yono hingga hujan reda. Saya berharap sekolah di ujung jalan tersebut ditengah lahan pertanian dapat memiliki kunang-kunang sendiri bila saya kembali datang kesana

Tanggapan :
???
( 03-12-2012 ) :: Ferry
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Tanya untuk masuk pengaduan harus menggunakan idpel, ini pertama kali sy ikut nimbrung, apabila tidak mengetik id pel tepat tidak dapat terkirim. Kira kira sistemnya bisa diganti g y pak krn untuk perantau spt sy yng tidak punya rumah di wil magelang tidak dapat memberikan saran untuk kemajuan "kunang-kunang". Sy memiliki struk pembayaran listrik diatas koleksi kertas tua 12 th lalu. Salam sejahtera "kunang-kunang"

Tanggapan :
???
( 21-11-2012 ) :: yono
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Kepada YTH,. Bapak Manajer PLN Wilayah Magelang. Kami SDN Munggangsari pada tgl 29/9/2012 mendaftarkan pasang baru via web PLN untuk daya 2200 kami bayar tgl 3/10/2012 dengan no register 5215112010360, agenda 521519911209290857. Mengajukan surat permohonan pasang baru tanggal 5/10/2012. Baru disurvey oleh petugas PLN (Bpk Marwata) tgl 9/11/2012. Kami cek melalui Call Centre 123 ternyata pasang baru SDN Munggangsari agendanya dibatalkan, dan kami pihak sekolah TIDAK PERNAH mengajukan surat permohonan PEMBATALAN PASANG BARU Listrik. Kami sangat berharap sekolah kami bisa menikamati listrik yang mana selama ini SDN Munggangsari nyalur dari rumah penduduk daya 450 sejauh +/- 150 m. Bisa dibayangkan bagaimana kami bisa maksimal mencerdaskan anak bangsa bila untuk memiliki listrik yang notabene sangat kami perlukan saja dipersulit (apa iya harus ada 5 pelanggan untuk sampai ke SD kami) seperti ini. Kami mohon Bapak Manajer PLN wilayah Magelang untuk dapat mewujudkan mimpi kami SDN Munggangsari untuk dapat memiliki listrik sendiri. Informasi dari PLN melalui televisi, radio dan 123 sering kami dengar bahwa pasang baru dengan perluasan jaringan estimasi 30 hari kerja dari pembayaran sudah terealisasi namun kenyataannya??????. Demikian keluhan ini kami sampaikan. Atas nama mencerdaskan anak bangsa kami MOHON SDN Munggangsari mimpi untuk memiliki listrik segera terwujud. Terima kasih

Tanggapan :
???
( 17-11-2012 ) :: andik
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
pak maaf sdh 2 hari [kemarin dan hari ini] utk daerah salaman habis mulai jam 6 sore lampu padam..trimakasih

Tanggapan :
???
( 17-11-2012 ) :: wasito
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
mohon tindak lanjut atas ketidak nyamanan kami dengan adanya pemadaman listrik di daerah kami dsn kalitengah ds banjarretno kec kajoran kab magelang.pemadaman sering terjadi di waktu masih melakukan aktifitas mengakibatkan rusaknya perangkat elektronik.kami merasa terganggu dan tidak nyaman dengan keadaan demikian dan kami merasa membayar listrik sudah rutin kenapa sering mengalami pemadaman.terimakasih

Tanggapan :
???
( 05-11-2012 ) :: juli
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
kepapa PLN kota magelang, kenapa listrik di desa saya padam dari tadi pukul 09.00 dan sampai sekarang tak kunjung menyala, hal ini sangat mengganggu kami yang sangan membutuhkan aliran listrik pada siang hari, mohon segera ditindak lanjuti desa bergola kecamatan candimulyo magelang

Tanggapan :
???
( 18-09-2012 ) :: fatmawati
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
saya baru bbrp bulan tinggal di parakan temanggung,heran sekali dengan seringnya listrik mati tidak tanggung tanggung dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore, 8 jam !!!, kalau untuk perbaikan tapi kok sering, sebulan pasti ada sekali bahkan bisa lebih, kalau untuk pengurangan beban, lah di kota kecil begini apanya yang mau dikurangi, mall tidak ada, kantor juga jarang, mohon diperhatikan, sebagai pengguna pln yang selalu membayar biarpun tarif selalu naik,kami kecewa dengan pelayanan ini, trimakasih

Tanggapan :
???
( 24-06-2012 ) :: Hadi Wiyarno
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Tolong di cek lagi, saya udah bayar lewat BRI, kok hari minggu tanggal 24 Juni 2012, tiba2 tanpa pemberitahuan langsung dipadamkan/disegel , hal ini sangat tidak menyenangkan dan mengganggu kenyamanan kami.

Tanggapan :
???
( 02-06-2012 ) :: s.tiyo tono satriyo
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
waktu pemadaman yg tidak jelas.saya tanya k kntor pln,katanya ada pemadaman 2 kali seminggu,hari senin dan kamis.kenapa pada hari sabtu ada pemadaman.ketidakjelasan info,membuat kerjaan saya amburadul.dan 2 kali seminggu,dr jam 9 s.d jam 4 sore,benar2 mengganggu.tlg ada solusi dr pihak pln.

Tanggapan :
???
( 29-05-2012 ) :: MUHAMMAD FUAD AL AMIN
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
kepada PLN Magelang yang terhormat, di informasikan untuk tegangan listrik di tempat saya yang seharusnya 220 volt setelah di ukur dengan meteran digital ternyata hanya 130 volt... padahal di tempat kami di gunakan untuk warnet,,,sering terjadi restart terkadang listriknya putus nyambung,,kami sudah menghubungi PLN terdekat dan sudah di cek dan tindak lanjuti tapi belum ada perubahan. di mohon untuk PLN Magelang segera di tindak lanjuti pengaduan kami,,mengingat bnyaknya alatnya elektronik di tempat kami,,karena akan menyebabkan kerusakan. Terimakasih...bravo PLN Magelang

Tanggapan :
???
( 23-05-2012 ) :: susilo
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
sdh bayar kok padam, semua baik, meteran baik, tetangga sebelah nyala, tp tmpt sy kok mati

Tanggapan :
???
( 12-05-2012 ) :: juli
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
kepada pln kota magelang ditempat saya baru saja ada ledakan di tiang listrik mungkin travonya dan listrik juga padam mohon segera ditindak lanjuti nama desa saya desa bergola bateh kecamatan candymulyo magelang

Tanggapan :
???
( 02-05-2012 ) :: budi sulistyawan
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Ikut nimbrung email PLN sdr. Silus mengenai Sdr edi Saryono dkk seperti yang kita ketahui CC123 tidak pernah menanyakan status pekerjaan dr yang mendaftar apakah petugas gangguan/Bukan Tukang Listrik. Saat ini SIAPAPUN, APAPUN, DIMANAPUN, bisa daftar pasang baru listrik daya berapapun, register, bayar pasang baru. Ini baru dampak kecil dari globalisasi listrik 123 sdr Silus anda jangan kecut hati. Sdr Edi Saryono dkk hanya PETUGAS GANGGUAN yang MERANGKAP sebagai Biasanya Tukang Listrik karena mereka melakukan dari dulu sebelum CC123. Bukan cuma dari orang dalam PLN saja yang melakukan sekarang SIAPAPUN dari-manapun bisa makelaran listrik tanpa melalui \\\'Biasanya Tukang Listrik\\\' (heran baru di\\\"heboh\\\"kan sekarang?!), tidak mensyukuri nikmat Gaji Bulanan yang diterima....cu..cu..cuuuu..ku..kupp..ga..ga..ga..ya..ya..ga..ga..ga..jjiiii...bu..bu..aaaa...ttt..bayar cicilan ALPHARD~XENIA....cicilan motor.. ciclan rumah...renovasi rumah...berlian...aaahhhh...ppuuusssiiiinngggg baca pengaduan PLN. But Bravo PLN show must go on.

Tanggapan :
???
( 26-04-2012 ) :: ahmad
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
assalamualaikum pln magelang kenapa di desa saya litriknya padam ya padahal tidak ada hujan deras maupun angin kejang mohon segera dihidupkan desa saya adalah desa bergola kecamatan candymulyo magelang desa yang mati adalah BERGOLA,bateh,mbeningan,trisip,karangaampel,dan tampir

Tanggapan :
???
( 14-04-2012 ) :: Triyati
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Saya ada masalah dengan voltase dirumah saya, akhir-akhir ini voltasenya tidak pernah sampai 200 volt. Voltase hanya berkisar antara 150V s/d 180V .Pernah saya ukur dengan tester digital hanya menunjukkan 130V. Ini tentunya sangat berbahaya bagi peralatan listrik saya yang semuanya membutuhkan voltase 220V. Mohon untuk ditanggapi, saya sudah komplainke PLN muntilan tidak ditanggapi dengan serius.

Tanggapan :
Yth. Ibu Triyati di tempat.

Pertama kami mohon maaf atas ketidak nyaman ibu karena gangguan aliran listrik di rumah ibu.

Atas informasinya maka kami akan segera mengirim petugas untuk mengecek ke rumah ibu.

demikian penjelasan kami mohon maaf dan atas kepeduliannya diucapkan terima kasih.

Wassalam,
PLN Area Magelang.
( 07-04-2012 ) :: MUHASIM
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
pak PLN. spedometer saya bermasalah. sepedo sering anjlok setelah anjlok harus nunggu sehari penuh baru bisa d nyalakan kembali, walaupun sekering sudah di matikan tetap harus nunggu sehari penuh untuk bisa menyalakannya kembali. hal ini sudah terjadi seminggu yang lalu. saya sudah komplain ke pihak gangguan tetapi belum ada tindak lanjutnya. mohon segera d tindak lanjuti. trimakasih alamat saya: Dsn. Getangan Rt04/01, Ds. Krasak, Kec. Salaman, Kab. Magelang. HP 085 643 113 330, (0293) 557 1789

Tanggapan :
Yth. bapak Muhasim di tempat

Pertama kami mohon maaf karena adanya keterlambatan kami dalam merespon keluhan pelanggan karena semata-mata adanya kesalahan teknis di pihak kami.

Dalam kesempatan yang baik ini kami mengucapkan terima kasih atas atensi bapak yang telah berpartisipasi di web site PLN magelang untuk menyampaikan keluhan bapak.

Atas keluhan bapak kami telah menugaskan tenaga teknik kami untuk berkunjung ke rumah bapak dan akan segera diperbaiki.

Demikian dan sekali lagi mohon maaf atas ketiknyamaan bapak.

Wassalam,
PLN Area Magelang
( 03-04-2012 ) :: juli
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
kenapa didesa saya tidak ada hujan dan tidak ada angin tiba2 listrik padam mohon segera dinyalakan karena sangat mengganggu aktifitas nama desa saya adalah bergola kecamatan candimulyo magelang

Tanggapan :
Yth. Bapak/ibu Juli di tempat.

Pertama kami ucapkan terima kasih atas informasi/pengaduannya.

Kedua kami mohon maaf atas ketidak nyamanan pelanggan atas adanya gangguan listrik di tempat bapak/obu sekalian.

Atas pengaduan tersebut akan segera kami perhatikan dan segera kami kirimkan petugas untuk mengecek keluhan bapak/ibu sekalian.

Demikian dan kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalam,
PLN Area Magelang
( 19-01-2012 ) :: NURBUDI HARTO
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
MOHON DICEK , LISTRIK PADAM, POSISI SEKRING HIDUP DAN PADA SPEDO METER POSISI HIDUP, TETAPI LISTRIK TIDAK MENYALA. TERIMA KASIH

Tanggapan :
Yth. bapak Nurbudi Harto di tempat

Pertama kami mengucapkan terima kasih atas laporannya.

Untuk mempermudah petugas kami menindak lanjuti semua laporan yang kami terima. maka kami mohon bapak bisa memberi informasi yang lengkap tentang data, misalnya ID.Pel. alamat rumah dan kalau ada no telepon yang bisa dihubingi.

Demikian dan atas kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Wassallam,

PLN APJ Magelang.
( 28-11-2011 ) :: gn3oga@yahoo.com
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Terima kasih atas pemadaman ( 11.30 s/d 15.00 ) yang telah di berikan kepada kami.

Tanggapan :
???
( 07-09-2011 ) :: katijo
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Mohon untuk perhatiannya, kepada unit penanganan gangguan jaringan listrik didesa Dilem, kecamatan kemiri, kab Purworejo sering padam karena gangguan. untuk ditindak lanjuti mengenai kegiatan rabas rabas pohon yang dekat dengan jaringan listrik di daerah kami.

Tanggapan :
Yth. pak Katijo.

Sebelumnya kami mengucapkan mohon maaf atas keterlambatan kami menanggapi keluhan bapak karena adanya gangguan teknis.

Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih atas kepedulian bapak terhadap PLN yang telah dengan iklas melaporkan keajadian tersebut ke website PLN.

Untuk agar penangan kami bisa lebih akurat mohon kami mengharap bapak bisa menginformsikan kepada kami tentang tanggal/hari kejadian dan alamat yang lengkap,sehingga petugas kami dalam menanganinya di lapangan tidak mengalami kesulitan.

demikian dan kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalam,

PLN APJ Magelang.
( 23-06-2011 ) :: Purwanto
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Mohon pencerahan. sudah 2 bulan ini listrik di tempat kami sering mati ( di daerah Banjarnegoro ) magelang. di bulan kemarin saja sudah 4 kali mengalami mati. Ini menyebabkan kerusakan di peralatan di rumah kami. Kami pernah tanyakan ke petugas pln, kenapa listrik sering mati. Katanya ada pengurangan beban. Dan seharusnya pelanggan mendapatkan potongan pembayaran ( istilahnya TMP ). Tapi kenyataannya sampa bulan ini tidak pernah ada potongan. Yang kami tanyakan kapan kami dapat potongan karena TMP itu dan bagaimana caranya kami komplen masalah penggantian kerusakan peralatan kami, karena mati listrik dari PLN

Tanggapan :
Yth. Bapak Purwanto

Pertama sekali kami sangat menyesal dan mohon maaf karena baru sekarang kami bisa mengedit masukan dari bapak berhubung adanya gangguan teknis diluar kendali kami, sehingga membuat ketidaknyamanan bapak.

Kami juga mengucapkan banyak terima kasih atas atensi bapak terhadap PLN Magelang dan semua ini hanya bertujuan untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap Pelanggan demi satu tujuan yaitu Kepuasan Pelanggan.

Memang benar apa yang bapak informasikan bahwa di daerah bapak yaitu daerah Banjarnegoro, pada bulan Mei 2011 padam sebanyak 2 kali dan lama padam 1 jam.

Selanjutnya pada bulan Juni 2011 padam sebanyak 4 kali dan lama padam 1,5 jam.

Kejadian2 tersebut disebabkan oleh adanya pengurangan beban yang wewenangnya adalah dari PLN Pembangkitan. jadi diluar kendali kami. Untuk kami mohon maaf.

TMP atau Tingkat Mutu Pelayanan adalah standar pelayanan yang diterapkan oleh PLN bagi pelanggan Listrik.

TMP diberikan kepada pelanggan apabila tidak terpenuhinya Tingkat Mutu Pelayanan yang menyangkut Lama Gangguan atau Jumlah Gangguan per pelanggan per bulan.

Bila TMP di lapangan telah melebihi TMP yang di Deklarasikan maka Pelanggan akan mendapat kompensasi sebesar 10 % dari Bea Beban pada bulan berikutnya.

Deklarasi TMP UPJ Magelang Kota adalah untuk Triwulan II adalah 9,5 jam/bln.

Demikian penjelasan yang bisa kami berikan kurang lebihnya kami mohon maaf.

Wassallam,
PLN APJ Magelang
( 29-05-2011 ) :: babeswithbrain3@yahoo.co.id
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
pak pln, listrik d candimulya hari ini sejak tadi pagi mati, knp sampai jam segini blm nyala lagi? Pdhl bsk pg anak2 hrs sekolah tetapi baju yg akan dpakai blm d setrika, bgmn ini?

Tanggapan :
Menanggapi pelanggan dengan menggunakan email babeswithbrain3@yahoo.co.id dapat kami sampaikan penjelasan:

1. Untuk mengadu dan agar mendapat tanggapan atau informasi pemberitahuan cepat disamping menulis dalam web dapat telepon 0293 367774 UPJ Tegalrejo.

2. Hari Minggu tanggal 29 Mei 2011, PLN UPJ Tegalrejo melaksanakan pekerjaan pemeliharaan antara lain :
- Penggantian beberapa/puluhan Cross arm / silangan kayu diatas togor diganti besi.
- Penggantian beberapa/puluhan isolator.
- Pembersihan beberapa/puluhan isolator.
- Terletak dari tiang M6 22-16 sampai dengan tiang M6 22-86.

3. PLN telah berupaya melaksanakan pekerjaan untuk cepat selesai, dengan mengerahkan sebanyak kurang lebih 40 orang personil.

4. Demi keamanan dalam pelaksanan pekerjaan tersebut listrik kami padamkan, yang menyebabkan ketidak nyamanan para pelanggan pada daerah tersebut, PLN mohon maaf.

Demikian disampaikan informasi, atas pemahamannya diucapkan terima ksih.

Wassalam,
PLN TEGALREJO.
( 22-05-2011 ) :: agus santosa
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
tolong untuk jaringan di daerah saya di kondisikan,jalan gulon ngargosoka. sebab sering padam listrik terutama pada saat hari minggu padahal saya membutuhkan listrik untuk usaha warnet saya,, dan sering saya amati tiap hari minggu listrik hidup nyala hidup, bikin pusing, bagi saya gak masalah tapi untuk peralatan saya komputer, apa pln mau ganti rugi gak kan, tolong di tindak lanjutin, jangan cuman embel embel aja,,,,, pusing pas lagi rame tiba tiba mati wah payah kan............

Tanggapan :
Menanggapi pengaduan Saudara Agus Santoso , dapat kami informasikan bahwa :

- Kejadian padam pada Hari Minggu tanggal 22 Mei 2011 kemarin adalah pemadaman yang dilakukan oleh PT PLN UPJ Borobudur dikarenakan adanya pekerjaan - pemasangan ABSW di tiang no M3-316-1, perubahan konstruksi JTM serta pemeliharaan jaringan serta rabas2 pohon diwilayah gulon Ngargosoka .

- Pemadaman kami lakukan dari jam 09.00 s/d 15.00 sesuai volume pekerjaan yang kami lakukan .

- Perihal pemadaman tersebut, sebelumnya telah kami adakan pemberitahuan / umumkan 2 hari sebelumya lewat Radio Merapi pada tanggal 20 Mei 2011.

- Pemadaman yang terjadi akibat adanya pekerjaan PLN yang menyebakan ketidak nyamanan para Pelanggan didaerah Ngargosoko sekitarnya, kami mohon maaf

Demikian kiranya penjelasan yang dapat kami sampaikan , serta atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Wassalam,
PLN UPJ BOROBUDUR
( 10-05-2011 ) :: carol
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
PLN tlg d t4 sy psr 1 pd bln Mdn listrik trlalu srg mati, apalg ini kota mdn panasnya luar biasa, PLN pk acara mati lampu pl

Tanggapan :
Menaggapi pengaduan Bapak / Ibu Karoline

1. Petugas PLN kesulitan untuk datang menindaklanjuti pengaduan Bapak/ Ibu.

2. Untuk dapat melayani dengan baik dan supaya petugas teknik perbaikan PLN dapat datang kelokasi, mohon memberikan informasi nama dan alamat dengan jelas atau nomer telepon yang dapat dihubungi.

Demikian disampaikan.

Wassalam,
PLN APJ MAGELANG.
( 10-05-2011 ) :: karjo
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
melaporkan di area pancaarga III saat ini pukul 23:45 padam. lagi enak2nya nonton rrambo nih...masak padam...

Tanggapan :
Disampaikan informasi untuk Bapak Karjo:

1. Jaringan kawat lisrik PLN terbentang pada wilayah dan daerah yang sangat luas dan terpasang dialam terbuka sepanjang jalan, kemungkinan terjadi arus pendek/konsleting kawat putus, kerusakan trafo serta gangguan alam angin ribut ,kena petir, tertimpa pohon dan sebab lain.

2. Malam itu juga setelah beberapa saat dilakukan penelusuran pencarian penyebab, diketahui listrik padam karena adanya kerusakan salah satu Trafo di dekat Gardu Sanggrahan, penyuplai listrik utama jalur Magelang Kota dari Sanggrahan kebonpolo keselatan sampai Tempuran termasuk Panca Arga.

3. Adanya listrik padam tersebut yang menyebabkan ketidak nyamanan beberapa pelanggan, kami mohon maaf.

Demikian disampaikan atas pemahamannya diucapkan terima kasih.

Wassalam,
PLN APJ MAGELANG
( 10-05-2011 ) :: sigit
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Mati lampu sejak pukul 23.00 didaerah ganten jurang ombo selatan, kapan listrik dapat nyala lagi?.tks

Tanggapan :
Disampaikan informasi untuk Bapak Sigit:

1. Jaringan kawat lisrik PLN terbentang pada wilayah dan daerah yang sangat luas dan terpasang dialam terbuka sepanjang jalan, kemungkinan terjadi arus pendek/konsleting kawat putus, kerusakan trafo serta gangguan alam angin ribut ,kena petir, tertimpa pohon dan sebab lain.

2. Malam itu juga setelah beberapa saat dilakukan penelusuran pencarian penyebab, diketahui listrik padam karena adanya kerusakan salah satu Trafo di dekat Gardu Sanggrahan, penyuplai listrik utama jalur Magelang Kota dari Sanggrahan kebonpolo keselatan sampai Tempuran termasuk Ganten Jurang Ombo Selatan.

3. Adanya listrik padam tersebut yang menyebabkan ketidak nyamanan beberapa pelanggan, kami mohon maaf.

Demikian disampaikan atas pemahamannya diucapkan terima kasih.

Wassalam,
PLN APJ MAGELANG.
( 29-04-2011 ) :: Andi
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Sya beralamat d perum pndok asri 2 payaman,pd hri ini pkul 20.15 s/d skrg (22.15)telah terjadi pmadaman,yg tdk dketahui dr ap (gangguan/aplah),ktany WCS,Ktnya max 45 menit langsung nyala,ktnya 7 feder 0 trip,mhn pnjlasany??

Tanggapan :
Disampaikan tanggapan dan informasi penjelasan untuk Bapak/Sdr Andi atas pengaduannya, sebagai berikut :

1. PLN mohon maaf, atas ketidak nyamanan Bapak/Sdr Andi beserta warga pondok Asri 2, yang rumah listriknya padam.

2. Memang peresponan atas laporan, kami berkomitmen 45 menit harus sudah sampai lokasi .

3. Dalam menanggapi laporan, Petugas teknik perbaikan PLN langsung datang pada saat itu meskipun hujan deras.

4. Listrik padam disebabkan karena adanya trafo penyuplai listrik kebeberapa jalur dan khususnya komplek Griyo Asri 2 rusak, sehingga perlu mendatangkan Trafo pengganti rusak tersebut.

5. PLN mengupayakan perbaikan agar trafo pengganti dapat menyuplai listrik dengan baik kembali.

Demikian disampaikan atas perhatian dan kerjasama yang baik diucapkan terima kasih.

Wassalam,
UPJ MAGELANG KOTA.
( 08-04-2011 ) :: Qiston / Indra
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Dear PLN,mohon bantuannya di rumah kami terjadi konsleting pada saklar Listrik,terjadi percikan sudah dari kemarin dan tercium bau terbakar.sehingga untuk preventif saklar kami Offkan dulu agar tdk terjadi kebakaran..mohon bs segera di follow up..alamat kami di Perum DEPKES blok B8 no.4..belakang masjid persis..terima kasih banyak sebelumnya & mohon bantuannya agar segera tertangani..

Tanggapan :
Yth. Bapak Qiston/Indra di tempat.

Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan Bapak terkait dengan gangguan instalasi listrik di rumah bapak.

Pada tanggal 8 April 2011 juga teman2 kami dari pelayan Teknik telah mendatangi rumah bapak dan ternyata ada gangguan di salah satu instalasi milik PLN (Box OK).

Saat hari itu juga telah diadakan penggantian material yang ada masalah.

Kami mengucapkan terima kasih atas penerimaan yang ramah terhadap teman2 kami dari pelayan Teknik. Jika ada gangguan yang sekiranya mengganggu jangan segan2 untuk segera menghubungi kami baik lewat telepon maupun website yang ada.

Demikian penjelasan kami kurang lebihnya mohon maaf.

PLN APJ Magelang.
( 08-04-2011 ) :: aniek
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
pengalaman aq kalu lporan lwt telpon,cpt juga kok ptgs dtg.

Tanggapan :
Yth. Ibu Aniek di tempat.

Terima kasih atas kerjasamanya yang baik dan pengertiannya terhadap peran PLN, sehingga kami bisa lebih meningkatkan lagi pelayanan kami terhadap Pelanggan.

Sekian dan terima kasih.

PLN APJ Magelang.
( 03-04-2011 ) :: Sukatman
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Pak,pln mati ko lama ya?dari kemarin sore smpi skg blm jg nyala ada apa ya?

Tanggapan :
Yth. Bapak Sukatman di termpat.

Dengan sangat menyesal kami kesulitan menindaklanjuti keluhan bapak karena identitas dan alamat bapak tidak jelas.

Kalau tidak keberatan kami harap bapak bisa memberi data identitas dan alamat yang jelas.

Demikian penjelasan kami kurang lebihnya kami mohon maaf.

PLN APJ Magelang.
( 14-03-2011 ) :: Kosidi
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Pak listrik dirumah saya redup dari semalam.....buwat menyalakan pompa air gak bisa naek sementara saya coba pke genset....pompa bisa normal....daya listrik 900...

Tanggapan :
Menindaklanjuti pengaduan Saudara, sore ini pula petugas teknik perbaikan datang kerumah Saudara dengan hasil sebagai berikut:

1. Listrik dimanfaatkan /disalurkan kerumah tetangga.

2. Air sumur diambil dari rumah tetangga tersebut menggunakan pompa, namun aliran listrik memakai kabel telpon.

3. Kabel telpon dipakai untuk kepentingan saluran listrik sangat membahayakan karena melintas antar rumah dan jenis kabel tsb tidak layak untuk dialiri arus listrik serta menyebabkan arus tidak normal.

4. Disarankan agar tetangga segera mengajukan permohonan pasang baru sendiri ke PLN

5. Pada saat ini PT PLN membuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat yang akan membutuhkan listrik dan dapat langsung datang di kantor PT PLN UPJ Borobudur Jl Letnan Tukiyat Mungkid untuk mendapatkan pelayanan Pasang baru.

Demikian disampaikan.

Wassalam.
PLN UPJ BOROBUDUR
( 01-03-2011 ) :: agung sutrisno
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Saya agung sutrisno ( tegal sayangan muntilan magelang ) yang pada hari kemarin menyampaikan pengaduan, sangat-sangat berterima kasih dan salut kepada pihak-pihak PLN ( p. Bambang dan rekan-rekan ) yang telah langsung menindaklanjuti keluhan saya, yang dalam kurun waktu kurang dari 24 jam langsung datang ke lokasi kami. Mskipun saya juga menyadari dalam waktu2 ini masih disibukkan dengan daerah yang terkena dampak erupsi Merapi. Kami juga meminta maaf apabila kami dan lingkungan kami ada tanggapan yang tidak baik. Terima kasih juga kami ucapkan kepada pihak2 PLN yang telah membantu dalam perbaikan jaringan di tempat kami secara langsung maupun tidak. Salut untuk PLN. terima kasih semoga trus maju dan berkembang. Salam.

Tanggapan :
Kepada Pak Agung Sutrisno, sedikit informasi kami tambahkan:

1. Adanya permasalahan gangguan pada jaringan listrik sangat komplek dari berbagai sebab.

2. Partisipasi kerjasama dari masyarakat diperlukan PLN, agar kami dapat bekerja melayani pelanggan dengan maximal.

3. Pengaduan disertai identitas dan alamat jelas membantu kami dapat segera datang kelokasi.

4. Sudah merupakan komitmen PLN untuk melayani pelanggan semakin baik, namun demikian masih juga terjadi ada kekurangannya, untuk itu kami mohon maaf.

Demikian disampaikan atas dukungan pemahaman dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Wassalam,
PLN APJ MAGELANG.
( 28-02-2011 ) :: 0000000000000
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Pada sabtu tgl 19 feb 2011 skitar pukul 12 siang, alat2 elektronik kami padam. usut punya usut tnyata para tetangga kami mengalami hal yg sama. Akhrnya kami menghubungi pln muntilan magelang krn kami tinggal didaerah tegal sayangan muntilan mgl. Dua hari kemudian skitar pukul 18.00 baru didatangi petugas. stelah dicek tnyata tegangan yg masuk diskitar wilayah kami hanya berkisar 190an volt. Ptugas menyampaikan klo blm normal, laporan k pln lagi via telp.Karena lampu jga msh redup dan beberapa alat eletronik tidak juga menyala maka jami menghubungi PLN kembali, tapi dnegan tanggapan kalo memang tarikan di sekitar daerah kami memang drop tegangannya dan dijanjikan akan paling lama 1 minggu ( baru dipesanakan di cab. borobudur ) dipasang trafo baru karena tarikan di linkungan kami sudah terlalu banyak.ok saya tunggu 1 minggu. Tapi sd sekarang saya menulis email ini ( di warnet ) karena komp tidak menyala belum juga ada realisasinya. Padahal tadi siang tetangga langsung menghubungi yang di borobudur malahan kata petugas bisa sampai 1 bulan baru bisa.dan lagi bgmn dengan alat2 kami? katanya dgn ketus suruh pake genset. Katanya lagi ini gara2 ada pelanggan pemasang baru di wilayah kami. Bagaimana mungkin bisa dipasang yang pelanggan baru dengan mengorbankan yang pelanggan lama kalo hrs menunggu 1 bulan nyala listrik tidak normal. Padahal sumber penghidupan kami bersumber dari listrik, karena saya menggunakan freezer buat penyimpanan daging ( freezer tidak bisa nyala normal ) , blower ( pencabut bulu jga tidak bisa. Siapa yang harus menanggung semuanya, apabila alat2 elektronok di tempat kami mengalami kerusakan. demikian keluhan kami sebagai pelanggan semoga dapat berguna demi kemajuan PLN juga. Saya mohon dengan sangat segera direalisasikan dengan tindakan karena kami hanya orng awam yang tidak tahu menahu soal listrik dan segera dapat tanggapan. Dan jangan sampai kami salah menyampaikan keluhan ini ke pihak yang tidak berwenang. Terimakasih

Tanggapan :
Yth Pak Agung Sutrisno,

Pertama saya an manajemen mohon maaf
atas kondisi dan kenyamanan Bapak yang
terganggu. Secepatnya akan kami
tuntaskan, hari ini Selasa 01 Maret
2011, Insya Allah normal sebagaimana
diharapkan. Namun demikian, apabibila
Bapak rasakan belum ada perubahan
silakan hub saya di 0811936299. Terima
kasih.

Purwadi
( 03-02-2011 ) :: Andina
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Saya andina di desa klepu, kec butuh, purworejo. D/a bpk soetarmo. Di desa klepu ini koq sering sekali mati lampu y? Kami sebagai pelajar agak susah untuk blajar. Mohon PLN jangan pilih kasih. Mentang2 rakyat desa tempat kami slalu mati lampu. Sedang teman saya yg dikota tdk pernah mendapat giliran pemadaman. Kalau memang pemadaman bergilir y yg adil dund. Jangan hanya kami di desa saja. Masa setiap malam kami merasakan mati lampu? Tolong mohon bantuan.a. JANGAN PILIH KASIH BEGITU!

Tanggapan :
Menanggapi pengaduan Saudari Andina dapat kami jelaskan beberapa hal:

1. PLN melaksanakan tugas selama 24 jam penuh setiap hari, untuk selalu siap melakukan perbaikan bila terjadi gangguan listrik.

2. Jaringan kawat lisrik PLN terbentang pada wilayah dan daerah yang sangat luas dan terpasang dialam terbuka sepanjang jalan, kemungkinan terjadi arus pendek/konsleting kawat putus, kerusakan trafo serta gangguan alam angin ribut ,kena petir, tertimpa pohon dan sebab lain.

3. Petugas PLN setiap saat melaksanakan pemangkasan dahan-dahan pohon membahayakan jaringan, meskipun begitu masih juga ada dahan yang menempel kawat listrik sehingga FCO/kawat putus menyebabkan listrik padam.

4. Dengan segala keterbatasan para petugas teknik perbaikan tidak memungkinkan bisa mengetahaui secara otomatis adanya listrik padam didaerah yang jauh dari kantor piket jaga.

5. Untuk itu diharapkan adanya informasi/laporan dari masyarakat lewat telpon atau datang ke kantor piket teknik perbaikan terdekat adanya gangguan listrik.

6. Pemberian informasi ID Pelanggan, nama pelapor atau alamat adanya gangguan listrik dengan jelas, membantu kami untuk segera datang kelokasi.

7. Untuk memberikan informasi laporan dapat telepon ke UPJ Kutoarjo 0275 601010,

8. PLN berupaya menindaklanjuti melakukan perbaikan adanya gangguan listrik padam sekiranya "mengetahui", baik itu ada laporan maupun tidak ada laporan, bukan karena faktor pilih kasih.

Demikian disampaikan,

Wassalam,
PLN UPJ KUTOARJO.
( 25-01-2011 ) :: Sumanto
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Kpd pln mgl,trtma pln wlyah salaman,tlg saluran dari pancar salaman ke krinjing kajoran d nyalakan,krn dh td siang smpe skrg blm jg nyla,skian mksh.q mhn prhtiannya

Tanggapan :
Menanggapi pengaduan Saudara dapat kami jelaskan beberapa hal:

1. Jaringan kawat lisrik PLN terbentang pada wilayah dan daerah yang sangat luas dan terpasang dialam terbuka sepanjang jalan, kemungkinan terjadi arus pendek/konsleting kawat putus, kerusakan trafo serta gangguan alam angin ribut ,kena petir, tertimpa pohon dan sebab lain.

2. Adanya angin ribut Pada tgl 25/1/2011 jam 13.44 s/d 14.46 menyebabkan gangguan di Recloser M2-135X-8 JTM (jaringan Tegangan Menengah) kerobohan pohon di dekat SPBU salaman ( M2-383/384 ) dan Tiang PJU roboh di M2-344 depan Pasar Salaman

3. Menyebabkan daerah Tempuran Salaman Kajoran bahkan sampai Margoyoso listrik padam.

4. Petugas teknik perbaikan ada dilapangan dengan berbagai kesulitan, berupaya melaksanakan perbaikan secepatnya.

5. Pemberian nomer Id Pelanggan memudahkan kami datang ketempat rumah Saudara untuk menjelaskan dan terima kasih diterima dengan baik.

Demikian disampaikan,

Wassalam,
PLN APJ MAGELANG.
( 21-01-2011 ) :: krisna
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
petugas pelayanan gangguan sangat ok banget.datang cepat pelayanan ok.trims bgt.tingkatkam terus

Tanggapan :
Saudara Krisna, terima kasih atas perhatian dan dukungannya.
Untuk itu kami sampaikan tambahan informasi :

1. PLN selalu berupaya menanggapi pengaduan dan laporan pelanggan, dan segera datang secepatnya.

2. Untuk itu diharapkan adanya informasi/laporan dari masyarakat lewat telpon atau datang ke kantor piket teknik perbaikan terdekat adanya gangguan listrik.

3. Pemberian informasi ID Pelanggan, nama pelapor atau alamat adanya gangguan listrik dengan jelas, membantu kami untuk segera datang kelokasi.

4. PLN akan menanggapi cepat dengan skala prioritas pengaduan yang disertai data yang jelas.

Demikian disampaikan atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Wassalam.
PLN APJ MAGELANG.
( 19-01-2011 ) :: geol
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
kepada kepala PLN kutoarjo, kenapa ya untuk daerah pituruh listrik sering mati ... hal ini di sengaja atau bagaimana... ini sangat mengganggu usaha kami terima kasih

Tanggapan :

Menanggapi pengaduan Saudara dapat kami jelaskan beberapa hal:

1. PLN melaksanakan tugas selama 24 jam penuh setiap hari, untuk selalu siap melakukan perbaikan bila terjadi gangguan listrik.

2. Jaringan kawat lisrik PLN terbentang pada wilayah dan daerah yang sangat luas dan terpasang dialam terbuka sepanjang jalan, kemungkinan terjadi arus pendek/konsleting kawat putus, kerusakan trafo serta gangguan alam angin ribut ,kena petir, tertimpa pohon dan sebab lain.

3. Berkaitan dengan padamnya daerah pituruh dan daerah lain, disebabkan diluar perencanaan PLN karena adanya petir, hujan dan angin ribut yang akhir-akhir ini sering terjadi sehingga menyebabkan:
a. Jaringan Tegangan Menengah putus/ pole patah kerobohan pohon mahoni karena angin ribut pada PW1-935-41.
b. FCO putus karena kerobohan blarak batang dahan kelapa pada PW1-965-10E.
c. FCO putus clamp kendor dan gangguan lain tanpa diduga, dengan berbagai kesulitan melokalisir/mencari "letak" penyebab listrik padam, petugas selalu berupaya agar listrik hidup kembali secepatnya.

4. Untuk mempercepat penanganan perbaikan sekiranya masyarakat mengetahui adanya listrik padam disebabkan hal tersebut diatas ataupun tanpa mengetahui penyebab listrik padam, PLN berterima kasih bila ada laporan dari masyarakat.

Demikian disampaikan dan terima kasih.

Wassalam.
PLN UPJ KUTOARJO
( 15-01-2011 ) :: damar
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Jln. Setiabudi Purworejo.... ini 3 ruko sama semua... kalo sore dan hujan atau gerimis pasti kedip... kayak lampu disko.....

Tanggapan :
Menindaklanjuti pengaduan Sdr dapat kami sampaikan penjelasan sebagai berikut:

1. Setelah petugas kami datang memeriksa menyimpulkan dan melakukan perbaikan adanya clamp kawat kabel sambungan masuk dari tiang/togor listrik kendor.

2. Untuk mendapat penanganan perbaikan listrik cepat disamping menulis dalam web ini, lebih baiknya memberikan informasi langsung lewat telpon ke kantor piket teknik perbaikan PLN terdekat.

Demikian disampaikan atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih

Wassalam,
PLN UPJ PURWOREJO
( 09-01-2011 ) :: damar
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
kenapa kalo hujan listrik di jalan setiabudi selalu berkedip, itu sangat mengganggu kami, terutama diperalatan yg kami gunakan... terima kasih..

Tanggapan :

Menanggapi pertanyaan Saudara dapat kami sampaikan beberapa hal :

1. Fasilitas web ini adalah sarana layanan dari PLN APJ Magelang.

2. Nama jalan Setiabudi dipakai ada dibeberapa kota.

3. Untuk dapat menanggapi dengan baik mohon diberikan informasi nama Kotanya.

4. Gangguan listrik disebabkan berbagai banyak hal , salah satunya kemungkinan ranting pohon tertimpa air/tertiup angin kencang kemudian bergoyang menempel kawat jaringan sehingga terjadi kedip.

5. Atau kemungkinan juga clamp kawat sambungan ke rumah(SR) kendor.

6. Untuk dapat menangani cepat pengaduan, disarankan jika ada gangguan listrik agar melaporkan pada loket teknik perbaikan PLN terdekat disertai identitas pelapor dengan jelas.

Demikian disampaikan atas pemahamannya diucapkan terima kasih.

Wassalam,
PLN APJ MAGELANG
( 11-12-2010 ) :: nanang rachmat n
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
warnet sy langganan list 3500 kva, tp tegangan ndak stabil, dites 2 x pakai multimeter siang hr 197 v, mlm hr 200 v. Mhn segera dinormalkan, krn ndak bs kerja, modem ndak ngangkat.

Tanggapan :
Menanggapi pengaduan Saudara dapat kami sampaikan sebagai berikut:

1. Atas pemberian informasi nomer Pelanggan maka kami dapat membaca data Alamat pelanggan yang dimaksud, sehingga kami dapat menindak lanjuti dengan baik.

2. Untuk itu dapat disampaikan informasi tegangan tidak stabil disebabkan adanya kerusakan pada conector SR kendor pada JTR, conector telah kami ganti dan kini tegangan telah nurmal kembali.

3. Agar kami lebih cepat menangani pengaduan, sekiranya disamping menulis dalam web ini, sebaiknya dapat langsung telpon pada loket teknik perbaikan PLN kantor jaga terdekat.

4. Adanya kerusakan jaringan ini dan membuat ketidak nyamanan penggunaan listrik, kami mohon maaf.

Demikian disampaikan, atas informasi dan pemahaman serta kerjasama yang baik diucapkan terima kasih.

Wassalam,
PLN UPJ Borobudur.
( 30-11-2010 ) :: Telkom Flexi
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
keluhan gangguan pada Site kami berupa padamnya aliran catu daya listrik 16.500 VA untuk infrastruktur kami di Site tersebut sejak hari Sabtu, 27 November 2010 (hampir 4 hari) sampai hari ini. Adapun alasan padamnya aliran tersebut karena KWH Meter kami terkena sambaran petir langsung dari jalur saluran tegangan menengah PLN UPJ Purworejo.

Tanggapan :
Menanggapi pengaduan dari Telkom Flexi, dapat kami sampaikan informasi tindak lanjut dari PLN adalah sebagai berikut :

1. Menurut informasi dalam tulisan Telkom Flexi pada Web www.pln.magelang.co.id kerusakan kena petir tanggal 27 Nopember 2010.

2. Sesuai buku penerimaan pengaduan Dinas Layanan Teknik perbaikan PLN UPJ Purworejo tercatat menerima laporan pada tanggal 28 Nopember 2010 pukul : 10.25.

3. Petugas Layanan Teknik perbaikan PLN UPJ Purworejo bersama Sdr Joko petugas Telkom Flexi melakukan pemeriksaan bersama, menyimpulkan karena kena petir menyebabkan kerusakan pada KWH Meter milik PLN dan peralatan Telkom Flexi dengan ID Pel 521520779742 terletak di Ds. Purwodadi.

4. KWH Meter milik PLN dilepas untuk diperbaiki.

5. Dalam kondisi darurat untuk keperluan Pelanggan, PLN siap melayani dengan baik listrik disalurkan tanpa kwh meter, sedangkan pemakaian listrik akan diperhitungkan kemudian.

6. Namun karena peralatan/ perangkat Telkom Flexi keadaan rusak, maka listrik tidak dinyalakan oleh petugas Telkom Flexi.

7. PLN menyatakan siap akan membantu menyalakan listrik kembali sekiranya peralatan Telkom Flexi siap operasi,

Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerja samanya diucapkan terima kasih.

Wassalam,
PLN UPJ PURWOREJO.
( 23-11-2010 ) :: TRIYATI
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
mengapa sampai saat ini listrik di tempat saya dsn warudoyong, ds ngargosoko srumbung blum menyala.

Tanggapan :
Disampaikan penjelasan untuk Sdri Triyati sebagai berikut:

1. Dampak erupsi Gunung Merapi meletus seperti kita ketahui wilayah kerusakan kawat jaringan dan infrastruktur listrik PLN sangat luas dan medan sulit.

2. PLN setiap hari melaksanakan pekerjaan teknis perbaikan tahap demi tahap, bergantian terus menerus dalam wilayah kerusakan.

3. PLN bekerjasama dengan mobil pemadam kebakaran dan mobil water cannon, membersihkan jaringan kawat/isolator dari pasir dan debu yang menempel, agar saat dialiri listrik tidak menimbulkan percikan api/konsleting.

4. Penggantian pemasangan jaringan kawat yang putus dan penegakan kembali tiang yang roboh/patah, serta perbaikan dan penggantian trafo yang rusak.

5. PLN melaksanakan pekerjaan perbaikan dimulai pada daerah zona yang tidak terlarang.

6. PLN mohon dukungan pemahaman dan mohon maaf pada masyarakat/ terutama wilayah zona masih terlarang yang listriknya belum nyala.

Demikian disampaikan atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Wassalam.
PLN APJ MAGELANG.
( 21-11-2010 ) :: Siti Khomariyah
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Pa Harto pemikiran yang baik, nmun lbih baiknya sampaikan lansung saja pada mereka saya gak Ngerti itu, saya pencinta Alam teman-teman saya relawan jadi melihat lansung mereka petugas PLN dilapangan, biarkan orang/konsuil? bekerja atas Nurani gak bisa kita ngatur ,alangkah bijaknya kita berbuat kongkrit untuk masayarakat yang menderita . oc mari kita kerja nyata.

Tanggapan :
???
( 19-11-2010 ) :: Harto
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
BU SITI MBOK SEKALIAN DISAMPEKAN KPD PLN. UTK LEBIH SAFETY NYAMAN DAN AMANYA INSTALASI LISTRIK MILIK PLANGGAN KORBAN MERAPI, GMANA KALAU KONSUIL MEMBERIKAN PELAYANAN PEMERIKSAAN INSTALASI GRATIS DAN DITERBITKAN SLO GRATIS ATO YG TDK LAYAK YA TLO GRATIS. BIAR PLANGGAN MERASA AMAN DAN NYAMAN GITU, SPERTINY LBH EMERGENCY. GMANA BU SITI ???

Tanggapan :
???
( 16-11-2010 ) :: Siti Khomariyah
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
aku lihat PLN kerja keras, ratusan petugas sibuk memperbaiki kawat yang banyak putus tiang yg roboh ratusan trafo rusak tersiram pasir dan abu merapi. bravo PLN semangatmu tinggi untuk memperbaiki meskipun medan sangat luas dan sulit. masyarakat kurban merapi menunggu listrik hidup lagi... semoga Allah memberikan kesehatan untukmu petugas PLN.

Tanggapan :
Disampaikan ucapan terima kasih dan salam hormat kepada Ibu/Sdri Siti Khomariyah atas atensinya, maka dapat kami menambahkan informasi sebagai berikut:

1. Memang benar bahwa setiap hari pasca erupsi Gunung Merapi meletus, PLN berupaya bekerja sekuat tenaga untuk memperbaiki jaringan dan infrastruktur listrik yang rusak.

2. PLN mengerahkan ratusan tenaga teknik perbaikan handal yang didatangkan dari berbagai PT PLN Area Pelayan dan Jaringan se Jateng dan DI Yogyakarta serta ratusan tenaga kerja dari Perusahan mitra kerja bidang teknik perbaikan.

3. Seperti diketahui bersama bahwa daerah bencana sangat luas dengan kondisi yang memprihatinkan.

4. Akibat erupsi Gunung Merapi banyak jaringan listrik kawat putus, banyak tiang listrik roboh, serta ratusan trafo mati/rusak.

5. Puluhan ribu isolator tertutup pasir dan debu vulkanik yang menempel akan menimbulkan percikan api/ konsleting jika teraliri listrik, semuanya harus dibersihkan,

6. Dalam kondisi seperti ini kepada masyarakat yang listriknya masih padam PT PLN (Persero) mohon dukungan pemahaman dan mohon maaf.

Demikian disampaikan atas perhatian dan pemahamannya diucapkan banyak terima kasih.

Wassalam.
PT PLN (Persero) APJ MAGELANG
( 15-11-2010 ) :: winarto
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
tolong dong pak,didesaku dh hidup semua tapi jalur kerumah kami belum hidup oq tidak dibetulin lagi,padahal kita sudah laporan ke kantor semen tapi sampai sekarang belum dibenerin

Tanggapan :
???
( 15-11-2010 ) :: winarto
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
desa kami bacinan jamus kauman ngluwar pak!terima kasih

Tanggapan :
???
( 12-11-2010 ) :: Hartiyah
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
harap untuk petugas pln untuk segera menghidupkan listrik di dusun prawen,kelurahan kadiluweh,kec.salam karena tidak di tangani padahal yang lain sudah hidup kalau lama lama kayak gini pln tidak berpihak pada kami,harus segera di perbaiki,harus

Tanggapan :
???
( 12-11-2010 ) :: Hartiyah
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
harap untuk petugas pln untuk segera menghidupkan listrik di dusun prawen,kelurahan kadiluweh,kec.salam karena tidak di tangani padahal yang lain sudah hidup kalau lama lama kayak gini pln tidak berpihak pada kami,harus segera di perbaiki,harus

Tanggapan :
???
( 03-11-2010 ) :: Sugoro Edy Purnomo
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Berhubung PT. PLN APJ Tegal belum online, dgn terpaksa kami sampaikan pengaduan ini lwt PLN APJ Magelang dan kiranya bs membantu kami. Akibat dr kecerobohan petugas PT PLN APJ Tegal UPJ Bumiayu kami warga Ds Jatisawit merasa sgt dirugikan dgn rusaknya barang2 elektronik kami, yg mana kejadian tsb terjadi pd tgl 12 Oktober 2010 dan sampai saat ini belum ada kejelasan dr pihak PLN UPJ Bumiayu.

Tanggapan :
???
( 29-10-2010 ) :: muhamad asrofi
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
katanya pelayanan pln akan lebih bagus, tapi mengapa 2 hari mati lampu belum di benahi, dan setelah dibenari katanya terafonya, habis dibenahi terafonya malahan alat - alat elektronik saya rusak. sekarang jg masih mati lampu. bagaimana tanggung jawab nya apakah saya harus komplain ke pln pusat,

Tanggapan :
Menanggapi keluhan Bapak Muhamad Asrofi, maka dengan ini dapat kami jelaskan sebagai berikut:

1. PLN melaksanakan tugas agar listrik tetap menyala dengan baik selama 24 jam terus menerus setiap harinya.

2. Sesuai keluhan Bapak memang benar pada tanggal 29 Oktobber 2010 terjadi gangguan teknik pada trafo yang mensuplai tegangan listrik di daerah Bapak.

3. PLN UPJ Magelang kota pada hari dan tanggal yang sama melaksanakan perbaikan trafo tersebut. Namun diluar perhitungan terjadi kelebihan tegangan, yang menyebabkan beberapa lampu putus dari sejumlah 32 pelanggan.

4. Bekerja sama dengan Bapak Soleh sebagai ketua RW, kami menyatakan bertanggung jawab atas beberapa lampu mati tersebut, termasuk lampu mati namun tidak ada alat electronya di tempat rumah Bapak Muhamad Asrofi dan kami sampaikan niat baik kami kepada Ibu Sabita.

5. Dalam catatan buku dinas teknik perbaikan kantor piket kami, Bapak tidak melaporkan adanya listrik padam tersebut.

6. Kami berterima kasih jika ada listrik padam pada wilayah kami UPJ Magelang Kota. Dipersilahkan melaporkan ke Kantor kami UPJ magelang Kota dengan telpon 0293 362259 atau HP saya No 08122847189 (Sugiyarto)

7. Atas ketidak nyamanan adanya listrik padam,kami mohon maaf.

Demikian disampaikan atas perhatian dan kerja sama yang baik diucapkan terima kasih.

Wassalam.
Manajer
PLN UPJ Magelang Kota
( 17-10-2010 ) :: eka wijaya
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
gimana ini pak mati lagi kec srumbung ,magelang,tadi mati sekarang mati lagi kami bayar pakai uang bukan pakek daun

Tanggapan :

Menjawab Pengaduan Bapak Eka Wijaya, dengan ini dapat kami jelaskan sebagai berikut:

1. Jaringan kawat lisrik PLN terbentang pada wilayah dan daerah yang sangat luas dan terpasang dialam terbuka sepanjang jalan, kemungkinan terjadi arus pendek/konsleting kawat putus, kerusakan gardu trafo serta gangguan alam kena petir, tertimpa pohon dan sebab lain.

2. Jaringan 20 KV/ 3 pas yang mensuplay Kecamatan Srumbung pada saat ini masih dalam kondisi pemeliharaan jaringan, yaitu pembersihan isolator dengan disertai pekerjaan rabas-rabas/ pemotongan dahan pohon yang menimpa kawat jaringan.

3. Pada pelaksanaan pekerjaan tersebut diperlukan pemadaman aliran listrik yang mensuplay wilayah Kecamatan Srumbung.

4. Hal ini perlu kami lakukan sehubungan rencana PT PLN Borobudur/Muntilan dalam menyikapi program World Class Services andalan 345-9, yakni angka 3 bermakna lama padam tidak lebih dari 3 jam, angka 45 dengan makna 45 menit sebagai waktu respons petugas untuk segera datang adanya laporan pelanggan, serta angka 9 adalah setiap pelanggan tidak boleh mengalami padam 9 kali dalam satu tahun.

5. Menyadari hal tersebut diatas kiranya kami jajaran manajemen PT PLN UPJ Borobudur mohon maaf atas ketidak nyamanan atas pelayanan kami. Hal ini semata mata kami lakukan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik waktu-waktu mendatang.

Demikian atas perhatian yang diberikan kami mengucapkan terima kasih.

Wassalam,
Manajer,
PT. PLN (Persero) Borobudur.
( 14-10-2010 ) :: eka wijaya
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
tolong untuk wilayah kec.srumbung listrik segera di hidupkan saya sedang mengirim data penting Alamat kresan jeruk agung,kec srumbung magelang jateng .dari tadi belum nyala2 No hp 082138210759

Tanggapan :
Untuk Bapak Eka Widjaya pengaduannya kami terima, dengan ini kami sampaikan penjelasan sebagai berikut:

1. Kantor jaga Salam telah menerima Pengaduan pukul 20.30 malam langsung datang dan memperbaiki sehingga listrik menyala pada pukul 21.00.

2. Listrik padam disebabkan kebetulan ada hujan terjadi Breaker trafo trip kontak pada tiang nomer M3-341-54.

3. PLN berterima kasih atas informasi kepada beberapa penelpon yang memberikan informasi adanya listrik padam.

4. Agar petugas menanggapi dan datang cepat kelokasi sekiranya ada listrik padam, dipersilahkan telpon 789789 UPJ Borobudur atau Kantor jaga Muntilan telp 587011, petugas teknik perbaikan siap selama 24 jam.

5. Ada dan tidak ada laporan jika mengetahui terjadi listrik padam, petugas teknik perbaikan akan datang segera ketempat lokasi.


Demikian disampikan atas pemahaman nya diucapkan terima kasih.

Wassalam,
PLN APJ MAGELANG.
( 13-10-2010 ) :: Priantono
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
saya pake kwh 1300.. saya pasang ac, air sanyo,kulkas., sering turun...meterannya ( jetrek ).. saya sudah coba ganti kable satu rumah dengan SNI PLN... masih turun... saya coba tidak dinyalakan ac,kulkas, air sanyo siang hari tetep sering turun... kira2 apa ya pak masalahnya ????terima kasih banyak atas perhatiannya

Tanggapan :

Disampaikan penjelasan atas pertanyan Bapak/Sdr Priantono lewat website PLN APJ Magelang, maka dengan ini kami jelaskan sebagai berikut:

1. PLN APJ Magelang menerima keluhan lewat website maupun yang disampaikan lewat telpon untuk gangguan listrik Pelanggan dalam wilayah kewenangan kami.

2. Agar Lebih cepat ditanggapi dan untuk diketahui penyebabnya dipersilahkan Telpon dinas Teknik Perbaikan pada Kantor PLN terdekat.

3. Untuk memudahkan petugas cepat datang alangkah baiknya saat melapor berikan arah letak Rumah Bapak/ Pelanggan tersebut.

4. PLN APJ Magelang kesulitan mencari informasi data ID Pelanggan 547301103250 yang ditulis Bapak/Sdr. Kemungkinan terdaftar sebagai Pelanggan PLN diluar wilayah Jawa Tengah.

Demikian disampaikan demi kenyamanan menikmati listrik, Bapak silahkan segera laporkan ke PLN terdekat.

Wassalam,
PLN APJ MAGELANG.
( 01-10-2010 ) :: Erlin Bagairang
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
bandara Sukarno Hatta sering mati apa emang benarya jika instalasi dalam rumah rusak adalah tanggungjaab pemilik rumah. hormat utuk PLN bekerjalah 24 jam terus sepanjang waktu kamu jagai listrik tetap nyala terus ya...

Tanggapan :
Terimakasih kami sampaikan kepada Bapak/Ibu/Sdr Erlin Bagairang atas pertanyaannya yang bagus dan penuh atensi ini. Maka dengan ini kami jelaskan sebagai berikut:
1. PLN melaksanakan tugas menjaga keandalan Lisrik untuk tetap menyala selama 24 jam setiap hari terus menerus.
2. Dengan jadwal tertentu melaksanakan pekerjaan pemeriksaan dan pemeliharaan serta perbaikan jaringan listrik beserta perlengkapannya.
3. Jaringan kawat lisrik PLN terbentang pada wilayah dan daerah yang sangat luas dari kota sampai jauh kepelosok desa manapun.

4. Listrik padam disebabkan beberapa sebab antara lain :

a. Karena jaringan listrik milik PLN terpasang dialam terbuka sepanjang jalan, kemungkinan terjadi arus pendek/kosleting kawat putus, kerusakan gardu trafo serta gangguan alam kena petir, tertimpa pohon dan sebab lain.
b.Padam disebabkan adanya kerusakan instalasi milik pelanggan yang terpasang setelah ”meter kwh” yaitu intalasi didalam maupun dihalaman rumah Pelanggan.
c. Padam karena adanya pekerjaan rutin pemeliharaan.

5. Untuk point 4.a PLN bertanggung jawab penuh pemeriksaan dan pemeliharanan, penggantian perlengkapan jaringan serta perbaikan secepatnya demi menyala kembali dengan baik.
6. Kelainan/kerusakan kabel dan perlengakapan instalasi listik yang terpasang setelah ”meter KWH”, yakni didalam ataupun luar rumah Pelanggan, penggantian dan perbaikannya adalah kewenangan Pelanggan itu sendiri.
7. Ada dan tidak ada laporan PLN siap siaga, jika ada listrik padam berupaya secepatnya datang mengatasi dan menghidupkan kembali.
8. PLN siap untuk memberikan informasi disebabkan apa listrik padam tersebut.
9. PLN melaksanakan tugas sesuai kewenangannya,
10. Jika listrik padam disebabkan adanya kelainan/kerusakan pada instalasi milik Pelanggan maka PLN menyarankan untuk menghubungi segera Teknik Listrik atau Biro Teknik Listrik untuk memperbaikinya.
11. Untuk point 4.a Agar PLN dapat menangani secara cepat mohon sekiranya ada listrik padam untuk segera telepon ke dinas Teknik perbaikan kantor PLN terdekat.
12. Dipersilahkan memberikan informasi adanya pohon yang membahayakan jaringan listrik yang menyebabkan listrik mati.
13. Pelaporan tidak dipungut biaya, dan PLN akan segera memangkas dahan pohon yg menyebabkan listrik padam.

Demikian disampaikan atas perhatian dan pemahamannya diucapkan terima kasih.
Wassalam,
PT PLN APJ MAGELANG.
( 27-09-2010 ) :: Sungatman
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Mau sampai kapan pemadaman listrik di perum graha azalia? Sudah mati listrik sejak jam 8.00 tadi pagi. Apa PLN mau tanggung jawab kalo ada rumah yg ke malingan? apa PLN mau tanggung jawab barang2 elektronik rusak semua gara2 tegangan rendah malam ini? terima kasih sebelumnya, di tunggu listriknya menyala, tdk pakai lama.

Tanggapan :
Terimakasih kami sampaikan atas pemanfaatan layanan lewat Website PLN APJ Magelang. Dengan ini disampaikan informasi hal hal sebabagai berikut:
1. Tanggal 27 September 2010 jam 08.40 pagi sampai dengan 16.15 aliran listrik dipadamkan karena adanya pemotongan dua pohon. dan
2. Pada sekitar daerah tempat tinggal Bapak, PLN pada tanggal tersebut melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan jaringangan agar listrik dapat menyala dengan baik.
3. Petang hari hujan lebat disertai angin kencang menyebabkan ada pengamanan jaringan putus (FCO) pada pole M2 176 terletak di ds Glagah.
3. Petugas PLN berupaya mengatasi dan menghidupkan kembali.
4. PLN mohon maaf atas ketidak nyamananan karena listrik padam ini.
5. Sekiranya ada listrik padam diluar pekerjaan pemeliharaan, untuk mendapatkan tanggapan cepat Bapak.Ibu/Sdr dapat telepon segera di kantor jaga PLN terdekat.
Demikian disampaikan dan atas pemahamannya diucapkan terima kasih.

Wassalam,
PLN APJ Magelang.
( 30-08-2010 ) :: Sani Wira Sanjaya
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Sampai malam ini, daerah Pandan Sari masih juga padam. Dengan segala hormat saya meminta sangat kepada PLN setidaknya untuk menjelaskan knapa? Terima Kasih, NB: "Berharap kalimat saya tidak menyinggung salah satu pihak. Karena penting bagi saya adalah pemadaman ini segera berakhir!!!"

Tanggapan :
Disampaikan dengan hormat Kepada Bapak Sani Wira Sanjaya, PLN mohon maaf atas ketidak nyamanan karena listrik padam. Maka dengan ini kami sampaikan informasi sebagai berikut :

Listrik padam disebabkan adanya dua hal:
1.Pemeliharaan yang dilakukan terencana sesuai jadwal.
2.Padam diluar dari perencanaan karena adanya gangguan/kerusakan peralatan jaringan

Pemeliharaan perlu dilakukan untuk pemeriksaan serta perawatan perlengkapan jaringan agar keandalan listrik dapat menyala selama 24 jam dengan tegangan sesuai ketentuan.

Padam diluar perencanaan beberapa kemungkinan hal ini disebabkan :
a. Adanya dahan pohon menempel pada kawat beraliran listrik.
b. Adanya jamperan atau klaim yang kendor.
c. Layang layang menyangkut pada kawat listrik, saat hujan kerangka layang layang basah menyebabkan arus pendek/ konsleting.
d. Adanya burung yang menyangkut antara dua arus listrik sehingga terjadi arus pendek/ arus positif dan negatif saling menempel.
e. Dan beberapa sebab karena alam, petir dan lain sebagainya yang menyebabkan ganggunan jaringan.
f. Dalam kasus sekitar Pandansari padam disebabkan adanya ular melata naik pada salah satu trafo, sehingga terjadi arus pendek/konsleting dan menyebabkan kawat jaringan putus.
g. PT PLN pada malam itu juga mengatasi penyambungan kembali kawat putus dengan berbagai hambatan, namun dapat diatasi.

Demikian disampaikan atas perhatian dan pemahamannya diucapkan terima kasih.

Wassalam,
PLN APJ MAGELANG.
( 12-08-2010 ) :: NOWANE
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
selamat kepada pln yang telah memadamkan listrik kami dari jam 8 pagi hingga sore ini.... selamat kepada pln teruskan pemadaman

Tanggapan :
Disampaikan permohonan maaf kepada Saudara atas ketidak nyamanan karena listrik padam. Maka dengan ini kami sampaikan sebagai berikut :
1. Agar PLN dapat memberikan penjelasan dengan benar dan menindaklanjuti datang kelokasi padam dengan cepat, mohon laporan disertai informasi lokasi padam dan nama pelapor dengan jelas.
2. Padam listrik ada beberapa sebab: kelainan jaringan listrik pada daerah tertentu, karena alam, kawat bersinggunan/tertimpa pohon, tiang listrik patah, kawat listrik putus, padam perumah, padam dalam satu wilayah traffo, karena pemeliharaan perbaikan
3. Dalam upaya keandalan listrik untuk menyala dengan baik PLN selalu mengadakan pengawasan dan pemeliharaan jaringan maupun pengecekan kondisi traffo penyuplai daya.
4. Daerah Pengawasan Jaringan PLN sangat luas, PLN berterima kasih sekiranya pelanggan melaporkan adanya padam.
5. Partisipasi masyarakat diucapkan terima kasih pula sekiranya melaporkan adanya pohon yang membahayakan karena menimpa kawat jaringan listrik .
6. Pelaporan dari masyarakat tidak dipungut biaya sama sekali.
Demikian disampaikan dan atas pemahamannya diucapkan terima kasih.

Wassalam,
PLN APJ MAGELANG
( 04-08-2010 ) :: Achmad A. Rochim
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Kami mohon konfirmasinya kepada PLN Magelang, terutama di wilayah Salaman... Saya punya usaha warnet. Usaha ini saya jalankan resmi & legal sampai dengan surat2 apapun kita urus... Kita warga asli Indonesia ingin Indonsia ini maju... maju dalam perekonomian... Lha kenapa kok sekiranya bnyk terjadi unsur2 nepotis yg tidak jelas... Sekarang apakah wajar... kanan kiri warnet saya hidup.. sedangkan khusus di warnet saya mati... dengan alasan perbaikan.. Perbaikan apa... lha kok yg kena cuma warnet saya... kok yg lainnya tidak... Padahal.. secara tidak lgsung usaha warnet saya itu ikut memberikan lapangan pekerjaan bagi 6 orang daerah Salaman... Indonesia kl begini terus... gak ada masa depan cerah.. Maaf, saya tidak menyinggung PLN Magelang... khususnya hannya daerah Salaman saja... Terimakasih.

Tanggapan :
Terima kasih informasi atas keluhan yang disampaikan. Maka dengan ini perlu kami ucapkan mohon maaf dan perlu kami jelaskan sebagai berikut :
1. PLN selalu berupaya listrik menyala selama 24 jam, maka perlu dilakukan rutin pengawasan dan pemeliharaan keandalanan jaringan agar dapat menyala dengan baik.
2. Tanggal 4-8-2010 ada perbaikan jaringan pada gardu tiang 0577 MG10-355 sehingga listrik dipadamkan meliputi daerah Tanggul boyo dan RSU.
3. Toko dimana digunakan warnet dengan ID 521511513080 atas nama Setyowati SE ikut padam, karena termasuk saluran jaringan tersebut. Sedangkan Pelanggan tetangga sekitar tidak padam karena teraliri listrik dari jaringan trafo lain.
4. Tingkat mutu pelayanan PLN berupaya pemeliharaan dan atasi gangguan dengan waktu secepat mungkin, kecuali trafo rusak memerlukan waktu beberapa jam untuk pemasangan trafo baru.
5. PLN tidak akan memperlakukan membedakan antar pelanggan dengan nepotisme.
6. Selama kewajiban bayar listrik terpenuhi dan tidak ada kerusakan instalasi misal karena kesengajaan, setiap saat listrik tetap dinyalakan.
7. Pelanggan lain yang mengalami padam listrik diluar kegiatan pemeliharaan dapat langsung lapor ke dinas piket gangguan PLN terdekat.
Demikian disampaikan atas pengertian dan pemahamannya diucapkan terima kasih.

Wassalam.
PT. PLN APJ MAGELANG
( 31-07-2010 ) :: Carrie Cain
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Want more clients and customers? We will help them find you by putting you on the 1st page of Google. Email us back to get a full proposal

Tanggapan :
To : Carrie Cain
Thank you for your attention.
Regard's
PLN APJ MAGELANG
( 29-07-2010 ) :: Beto
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
mati lagi ..... jln jend sudirman 29jul 2010 .... ada apa lagi??

Tanggapan :
Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan. Dengan ini kami sampaikan pula bahwa dalam rangka menciptakan stabilitas secara kontinuitas keandalan jaringan listrik untuk tetap menyala, PT. PLN sebagai perusahaan pelayanan bidang kelistrikan selalu berupaya memasok aliran tenaga listrik ke rumah pelanggan dengan baik. Maka perlu dilakukan pemeliharaan jaringan dalam jadwal waktu tertentu dan atau saat diperlukan perbaikan.
Untuk itu atas pertanyaan Saudara dapat kami jelaskan hal hal sebagai berikut :
1. Tanggal 29 Juli 2010 di Jalan beringin dan pasar Gotong Royong sekitarnya ada perbaikan pemeliharaan jaringan, dan telah diumumkan di Radio pada hari sebelumnya.
2. Jika ada gangguan padam pada tempat selain daerah tersebut karena faktor lain, Pelanggan / masyarakat dapat melapor ke loket dinas gangguan PLN terdekat dengan memberikan informasi letak alamat yg pasti.
3.Petugas PLN akan menerima dan mencatat pelaporan gangguan dan segera datang ke Pelanggan atas laporan tersebut untuk memperbaiki dan menyelesaikan agar listrik menyala kembali.
Demikian disampikan atas pemahamannya diucapkan terima kasih.

Wassalam,
PT. PLN APJ Magelang.
( 06-07-2010 ) :: eko
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
siang.... kayaknya hari ini tanggal 6 Juli 2010 listrik di daerah purworejo sebelah barat alun-alun tidak setabil.dari pagi sudah ada 10 kedep... mohon di tindak lanjuti,... jangan cuma naik tarip aja....

Tanggapan :
Terimakasih kami sampaikan atas laporan ini. PLN siap menerima dan melayani pengaduan dan berusaha menindaklanjuti perbaikan dengan cepat. Untuk memudahkan pencarian lokasi gangguan dan memperbaiki gangguan dengan cepat , disamping menulis di Website Pelanggan dapat melapor lewat telpon kantor pelayanan teknik PLN terdekat dengan data yang pasti. Karena gangguan listrik bisa terjadi pada pelanggan perorangan hanya satu rumah atau beberapa rumah dalam area wilayah. Gangguan pada satu rumah kemungkin kendor pada saluran masuk atau sebab lain, sedangkan gangguan kedep listrik dalam suatu wilayah disebabkan karena adanya dahan pohon yang berbenturan dengan kawat jaringan atau karena sebab lain. Demikian disampaikan atas pemahammnya diucapkan terima kasih

Wassallam,
PLN APJ Magelang.
( 29-06-2010 ) :: tony
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Selamat Pagi saya pelanggan 525041465199 atas nama I TEK SWAT NIO alamat di jl. raya karanganyar km 11,5 seberang rumah makan padang ARGO MINANG Keluhan : di area karang anyar ini sering terjadi mati lampu lalu nyala dan terlalu sering sehingga banyak peralatan elektronik yang rusak dan sekarang kondisi nya listrik nyala pun kami malah mati dan kami telp ke pengaduan kebumen di 0287 - 382220 operator Bp suhaimin kami minta team pln pengaduan agar dapat membantu untuk melihat korsleting di tempat kami Tanggapan Bp Suhaimin operator pln kebumen : TIDAK BISA KAMI SIBUK.BAPAK CEK SAJA SENDIRI DILIHAT DIBAWAH METERANNYA ATAU BUKA SAJA METERANNYA.(telp lalu diputus dari sana) Lalu saya telp kembali yang ke 2 dengan orang yang sama saya minta agar team pln datang untuk membantu kami karena tidak ada yang mengerti listrik disini Tanggapan Bp Suhaimin operator PLN : minta saya menelpon ke pln karang anyar ( saya sudah menjelaskan bahwa id pelngan saya pln kebumen) lalu tanggapan pln juga sama KAMI SIBUK LIAT NANTI KALO BISA NTAR SORE lalu telp ditutup MAAF BEGINIKAH PELAYANAN PLN TERHADAP KONSUMEN ???? saya mengerti kesibukan pln tapi tolong tanggapan ke konsumen koq seperti itu ya ??? tolong dibantu saya tunggu orang dari pelayanan ganguan yang biasa membantu atas perhatian dan kerjasama yang baik saya ucapkan terima kasih telp saya 08882811505

Tanggapan :
Terima kasih kami sampaikan Bapak telah menggunakan fasilitas Website PLN Magelang. Kami dapat membantu mewakili PLN UPJ Kebumen dengan informasi yang perlu kami sampaikan sebagai berikut: Fasilitas telpon adalah sarana cepat menyampaikan laporan informasi. Namun saat listrik padam atau sebab lain, banyak pelanggan PLN yang bersamaan ingin cepat memberikan laporan informasi. Mereka petugas tentunya sedang menerima dan mencatat satu persatu laporan pelanggan. dan mereka akan segera datang kerumah rumah satu persatu dikerjakan dan diselesaikan. Namun dalam kondisi tertentu bapak dapat melapor langsung datang ke loket dinas gangguan/atau pelayanan teknik PLN terdekat untuk segera ditindaklanjuti ,sebatas sesuai urut dalam daftar gangguan dan satu rute perjalan perbaikan. Demikian disampaikan atas pemahamannya diucapkan terima kasih.

Wassallam.
PT PLN APJ MAGELAMG.
( 17-06-2010 ) :: Teddy
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Sudah 2 hari tegangan didaerah ganten naik turun,mohon distabilkan kembali,terima kasih

Tanggapan :
Yth. Bapak Teddy.
Pertama sekali kami mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi Bapak di website PLN Magelang.
Setelah kami mengecek di Buku Ganguan yang ada dari tanggal 15 s/d 17 Juni 2010 tidak kami temukan adanya pengaduan dari pelanggan bahwa di ds.Ganten terjadi tegangan naik turun
Untuk itu kami mohon Bapak Teddy bisa memberi alamat yg jelas dan No IdPelnya.
Untuk lain waktu seandainya Bapak Teddy ada masalah tentang gangguan Listri bisa langsung menghubungi ke no telp 362259 atau hp 085643145757 dengan sdr Taat dan no hp 08122847189 dengan sdr Sugijarto.
Demikian yang bisa kami sampaikan atas perhatian dan infomasinya di ucapkan terima kasih
Wassallam,
PLN Magelang
( 12-06-2010 ) :: Ctbob2009@gmail.com
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Terimakasih pak tanggapan kemarin,tp blm ada 1bln tanggapan nya kok ,kec kajoran mati lampu lg,tgl 3 jam 3pg sampai subuh,gimana pak ,no hp yg anda cantumkan kemarin dihub diluar area terus.trs terang kurang sigap,pdhl pln sdh mencantumkan syarat2 bg pelanggan,dan pln hrs berkwajiban memenuhi kebutuhan pelanggan,trims

Tanggapan :
Mohon maaf penjelasan kami singkat namun harapannyanya mudah dimengerti. NO HP yang kami berikan adalah Nomer HP petugas pelaksana dinas Gangguan Kantor jaga di kajoran, menurut lokasinya adalah daerah pegunungan. kemungkinan sinyal jaringan operator selulernya rendah atau baterry habis karena didaerah pegunungan banyak menggunakan baterry. Dalam permasalah untuk pelayanan cepat bapak bisa call PLN UPJ Magelang dengan telpon 0293362259 agar nanti diteruskan lewat radio Komunikasi ke Piket pelaksana Kajoran.Perlu kami sampaikan bahwa selama petugas loket gangguan sedang menerima telpon, tentunya jika pelanggan lain telpon akan terdengar nada sibuk atau nada panggil bukan berarti tidak diangkat untuk itu mohon untuk diulang kembali. demikian disampaikan dan terima kasih atas pemahamannya.
( 07-06-2010 ) :: Kustari
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Terima kasih banyak atas tanggapannya. Ma'af ngerepotin lagi nih... Apakah bapak/Ibu punya alamat APJ Tegal yg dpt diakses melalui email/internet ? , karena saya tinggal di Bandung, shg saya tdk bs menghubungi secara langsung dan ortu tidak ngerti masalah pln.

Tanggapan :
Kami informasikan untuk APJ Tegal sementara belum mengoperasikan Website, Bapak dapat menghubungi PT PLN APJ Tegal dengan Alamat Jl Pemuda No.9 Tegal Telp 0283 358533 Fax 351608. Sara na Website APJ Magelang dapat membantu meneruskan/menyampaikan ke PLN Tegal masalah Bapak dengan ketentuan memberikan data Nomer ID Pelanggan dan nama pelanggan di rekening secara jelas. Dan untuk permohonan informasi berkaitan biaya, Bapak dapat langsung minta penjelasan ke petugas PLN yang ada diloket pelayanan. Mohon hindari permohonan informasi kepada perseorangan yang tidak jelas. Demikian disampaikan terimakasih atas kerjasamanya.
( 02-06-2010 ) :: kustari
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Sebelumya sya mhn maaf keluhan ini disampaikan ke sini karena situs apj smrg tdk bs diakses. permasalahannya adalah: MCB di rumah OrTu di Margasari Kab Tegal lemah/rusak shg listrik jatuh terus, Petugas (PLN) menawarkan biaya RP 150.000 untuk menggantinya. Setahu saya PLN tidak memungut biaya sepeserpun untuk kerusakan barang milik PLN, mohon tanggapanya. Terima-kasih

Tanggapan :
Yth. Bapak Kustari
Pertama-tama kami mengucapkan banyak-banyak terima kasih atas kepercayaan dan partisipasi Bapak di website PLN Magelang.
Berhubung lokasi dan alamat Bapak adalah masuk kewenangan PLN APJ Tegal maka keluhan Bapak telah kami sampaikan ke PLN APJ Tegal.
Agar PLN Tegal lebih mudah merespon keluhan Bapak maka kami mohon Bapak Kustari bisa lebih detail menyebutkan alamat yang jelas dan IDPEL nya.
Demikian yang bisa kami sampaikan dan sekali lagi kami mengucapkan terima kasih.
Wassallam,
PLN Magelang
( 17-05-2010 ) :: m. muchson
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
yth. team management pt. pln apj magelang bagian tusbung. sy ingen dpt informasi detail tentang mekanisme tusbung,pelaku tusbung, dan rekrutmen, serta info detail mekanisme hak dan kwajiban planggan baru. demikian mhn kebijakanya

Tanggapan :
Yth. Bapak M.Muchson.
Pertama-tama kami mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi Bapak di web site PLN Magelang.
Sehubungan dengan email Bapak dengan ini kami sampaikan penjelasan sebagai berikut :
1. Hak pelanggan adalah menerima/menikmati aliran listrik dari PLN.
2. Kewajiban mendasar pelanggan adalah membayar pemakaian aliran listrik/rekening listrik tepat waktu yaitu paling lambat tanggal 20 setiap bulan sekalipun tanggal 20 adalah hari Sabtu, Minggu atau hari libur lainnya. (apabila sampai dengan tanggal 20 belum membayar rekening listrik, maka PLN akan melakukan pemutusan sementara aliran listrik).
3. Untuk mengetahui informasi detail mengenai tusbung mohon datang langsung ke PLN Unit terdekat atau ke Bagian Pemasaran dan Niaga PLN APJ Magelang.
Demikian yang bisa kami sampaikan kurang lebihnya mohon maaf.
Wassallam,
PLN Magelang
( 16-05-2010 ) :: wendi
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
saya mengontrak rumah di jalan kaliurang km. 6 gang pandega satya 2 no. 27 yogyakarta.. dua hari blkngn ini dayanya srng turun, skrng pun dayanya sdng turun,, mohon pnjlsnnya dari phk PLN karena saya tidak mau alat elektronk saya rusak,,. terima kasih

Tanggapan :
Yth. Bapak/Ibu Wendi
Atas partisipasinya di web site PLN Magelang kami mengucapkan banyak terima kasih.
Keluhan yang disampaikan telah kami teruskan ke PLN Jogjakarta, karena daerah Kaliurang adalah bukan domain dari PLN Magelang dan mungkin dalam waktu dekat akan diselesaikan oleh PLN Jogjakarta.
Demikian dan atas partisipasinya kami ucapkan banyak terima kasih.
Wassallam,
PLN Magelang
( 04-05-2010 ) :: muhammad hakim
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Tolong kasih nomor telepon PLN pos jaga kaliangkrik ke email saya,, tadi sy sdh mau lapor tp penjaganya tak ada.. Pdhl sdh lbh dari 12 jam listrik padam..

Tanggapan :
Yth. Bapak Muhammad Hakim
Pertama tama kami mohon maaf karena baru bisa menjawab email bapak sebabkan adanya gangguan teknis.
Selanjutnya kami mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi Bapak dalam web site PLN Magelang ini.
Atas keluhan Bapak bisa kami jelaskan sebagai berikut :
Pada saat Bapak Muhammad Hakim ke Pos Penjagaan Gangguan kebetulan Petugas gangguan dua-duanya baru keluar Pos untuk menangai gangguan yang sedang terjadi.
Kalau Bapak membutuhkan No telphone Petugas gangguan bisa menghubungi :
1. Sdr Suryanto no hp 085729200790
2. Sdr Taat no hp 085226406091
Demikian penjelasan kami dan sekali lagi kami mohon maaf bila masih ada pelayanan kami yang kurang memuaskan.
Wassallam,
PLN Magelang
( 04-05-2010 ) :: Ctbob2009@gmail.com
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Kenapa di kec kajoran sering padam ,mlm ,siang,sngt mengganggu aktifitas kerja,Jgn bikin jengkel pelanggan ya.. Mentang2 punya kuasa,berhati2 lah sm warga/pelanggan,anda hampir sering mengecewakan kami ,kami tetap bs bersabar

Tanggapan :
Yth.Ctbob2009@gmail.com
Kami mengucapkan terima kasih atas informasi yang sangat berharga tersebut.
Kami juga mohon maaf atas keterlambatan kami untuk menanggai informasi yang Bapak sampaikan berhubung adanya gangguan Teknis.
Pada kesempatan yang baik ini kami atas nama PLN Magelang juga mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamaan Bapak menikmati aliran listrik yang padam.
Atas informasi yang Bapak sampaikan bisa kami jelaskan sebagai berikut: >br> 1 . Berdasakan data di buku gangguan kami di unit kajoran 1X padam pada tgl :18 mei 2010 ,
2 . Penyebab gangguanya karena penngaman jaringan teganga menengah ( FCO ) di pole Pwo 2 .42 putus sehingga jaringan dr gardu induk porworejo sampai kajoran padam
3 . untuk itu kami mohon apabila masih sering padam saudara bisa telp langsung hp 081328317158 pak Dayin atau hp 081328546333 pak edy saryono
Demikian atas perhatian dan informasinya di ucapkan terima kasih
Wassallam,
PLN Magelang.
( 03-05-2010 ) :: Anton
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Listrik di borobudur kok kerep modar to?

Tanggapan :
Yth. Bpak Anton
Pertama-tama kami ucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya atas keterlambatan kami dalam menjawab email Bapak dikarenakan adanya gangguan teknis.
Selanjutnya kami ucapkan terima kasih atas informasi Bapak yang sangat baik ini.
Berikut adalah penjelasan kami yang bisa kami berikan :
Pada umumnya adanya pemadaman aliran listrik tersebut adalah karena alam seperti hujan yang disertai angin kencang sehingga banyak pohon atau dahan pohon yang tumbang mengenai jaringan listrik sehingga menyebabkan putusnya aliran listrik.
Demikian yang bisa kami sampaikan kurang lebihnya kami mohon maaf.
Wassallam,
PLN Magelang.
( 28-04-2010 ) :: Moh. Nur Ali Imron, SE
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
akibat matinya listrik di seputaran gedongkuning, YK tgl 26/04/2010 sekitar pukul 23.00, yg di awali dengan naiknya tegangan listrik secara tiba2, yg mengakibatkan perabot elektronik saya rusak (mesin cuci), apakah PLN bertanggung jawab dengan kejadian ini...??!!!!!! karena biaya perbaikan di taksir sekitar 2 jt, blom kerugin krn usaha tidak bisa berjln.

Tanggapan :
Yth. Bapak Moh.Nur Ali Imron,SE
Pertama-tama kami mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi Bapak di website PLN Magelang.
Untuk memudahkan pihak PLN menindak lanjuti keluhan Bapak, maka dengan hormat agar Bapak bisa menyebutkan No. IDPel, alamat yang lengkap,jelas sehingga PLN tidak kesulitan lagi mencari alamat Bapak.
Kalau alamat yang lengkap dan jelas sudah kami dapatkan maka segera mungkin akan kami informasikan ke APJ Yogyakarta agar keluhan Bapak bisa diatasi.
Demikian yang bisa kami sampaikan lebih kurangnya kami mohon maaf.
Wassallam,
PLN Magelang
( 27-04-2010 ) :: teguh muhaimin
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
untuk daerah kel mranggen untuk tidak sering adanya pemadaman

Tanggapan :
???
( 18-03-2010 ) :: damar
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Kepada Kepala PLN Area Purworejo, dengan hormat kami sampaikan keluhan kami. kami pelanggan di JL. Setiabudi Purworejo. kami mengeluhkan listrik di tempat kami sering kedep, apalagi bila terjadi hujan atau gerimis. sedangkan di daerah Jl. KH Ahmad Dahlan tidak terjadi seperti itu apabila hujan. mohon di tindak lanjuti... hal tersebut merugikan kami. karena banyak peralatan kami yg rusak akibat hal itu. terimakasih

Tanggapan :
Yth. Bapak Damar
Pertama - tama kami mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi Bapak di website kami.
Sehubungan dengan email Bapak, dengan ini kami sampaikan penjelasan sebagai berikut :
 Kami mohon maaf atas kejadian listrik di tempat bapak kedip, hal itu disebabkan oleh cuaca hujan disertai petir (gangguan alam)
 Bila hal tersebut terjadi lagi, agar bapak dapat menghubungi kantor PLN UPJ Purworejo Jl. A. Yani No.3 Purworejo atau telepon No. 0275 321043 petugas kami akan siap membantu keluhan listrik di tempat bapak dan segera menindaklanjuti.
Demikian penjelasan kami, terima kasih.
Wassallam,
PLN Magelang
( 10-03-2010 ) :: Nia
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
maaf knapa skrang tiap hari mati lampu??????gak ad hujan gak angin tiba2 mati,,,dah 3hri berturut2 terjadi mati lampu...mohon penjelasannya..thanks

Tanggapan :
Yth. Ibu Nia
Pertama kami mengucapkan terima kasih atas kemauan Ibu menyampaikan keluhan Ibu terhadap Pelayanan PLN.
Selanjutnya kami pada kesempatan ini mohon maaf belum bisa menjelaskan keluhan Ibu karena identitas (ID Pelanggan), daerah atau lokasi tidak disebutkan, sehingga kami mengalami kesulitan.
Demikian yang bisa kami sampikan dan atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Wassallam,
PLN Magelang
( 09-03-2010 ) :: ABDUL MANAF
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Mohon dicek kondisi Trafo di daerah kami! Dalam 1 bln sudah 2 kali padam dikarenakan kondisi Trafo yg tdk layak. Pasalnya baru nyala 1mlm listrik padam lagi. Yg lbh menyedihkan tgg jawab ptgs jaga Kaligesing krg profesional. Masa listrik padam dari jam 14 siang,baru dicek sore hari,itupun ga brhasil dan hrs dipending sampai besoknya? Daerah kami Desa krendetan rt 2/4 kec.Bagelen Purworejo. Trimakasih

Tanggapan :
Yth. Bp. Abdul Manaf
Pertama kami mengucapkan banyak terima kasih atas kepedulian Bapak terhadap PLN dan tak lupa kami juga mohon maaf karena ketidak nyamaan Bapak beserta keluarga akibat gangguan listrik
Berikut adalah penjelasan yang bisa kami sampaikan :
1.Pada hari Minggu sore cuaca di daerah Krendetan sangat tidak baik, hujan dan angin kencang disertai petir. Pada pukul 17.00 ada gangguan Trafo di PW4-254A desa Krendetan yaitu breker trafo EBT 50 KVA Loss, sehingga listrik disekitar daerah tersebut padam.
2. Saat itu juga petugas Kantor Jaga Kaligesing memperbaiki trafo di PW4-254A desa Krendetan tersebut, karena cuaca sangat tidak baik, maka perbaikan ditangguhkan untuk menjaga keselamatan para pekerja.
3.Pagi hari pekerjaan tsb dilanjutkan hingga kondisi normal kembali.
4. Sekali lagi kami mohon maaf atas kelambatan petugas kami dalam melayani gangguan,dan terima kasih atas keluhan anda yang telah disampaikan kepada kami sehingga kedepan kami berusaha akan lebih baik.
Demikian kami sampaikan kronologis pelayanan gangguan di daerah Kaligesing semoga Bapak Abdul Manaf puas.
Wassallam,
PLN Magelang
( 12-12-2009 ) :: Ismail
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Pak mohon diatasi listrik didaerah kami mengalami gangguan berupa daya yang tidak stabil, hal ini sangatlah mengganggu, karena listrik yang kami gunakan sering menyebabkan komputer restart, bahkan pada malam hari atopun sore komputer kami tidak bisa.

Tanggapan :
YTH. Bp. Ismail
Pertama tama kami ucapkan terima kasih atas segala kepedulian dan kerjasamanya dengan PLN selama ini
Untuk mempermudah dan mempercepat pelayani kami maka didalam menyampaikan komplain, keluhan atau saran mohon mencantumkan identitas diri yang jelas (Nama, ID pelanggan, Alamat, No. Telpon/HP) sehingga kami dapat dengan segera menindaklanjutinya.
Demikian disampaikan dan terima kasih.
Salam,
PLN APJ Magelang
( 24-05-2008 ) :: damar
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
wah benar2 PLn bikin dongkol lagi, keluhan yang kemarin belum di tanggapi skr malah mati lagi listrik di jalan setiabudi Purworejo sekitar pukul 11:00 sampai 13:00, apakah tidak ada cara lain yg lebih sadis lagi dg pemadaman? mending gak usah ada listrik sekalian biar tidak ada pemadaman dan keluhan lagi....apakah ini citra PLN Yang terhormat yang merupakan usaha milik negara??? apakah sudah menerapkan pasal˛ yang ada di dalam UUD 45?mohon pencerahan. tarip boleh naik cuma pelayanan jgn di abaikan... ataukah Tarip naik korupsi pun naik????? makin kaya donk pejabat PLN??? apakah kaya Monyet atau kaya Hutang?? atau kaya karena KORUPSI???? mohon ditanggapi secepatnya....!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! terima kasih pelanggan PLn yng setia menunggu pemadaman lagi....

Tanggapan :
Yth. Bapak Damar
Kami mohon maaf apabila akhir2 ini listrik sering padam sekitar 2 jam setiap hari mulai jam 11.00 – 13.00 WIB .Kami juga mohon maaf apabila kami terlambat merespon keluhan bapak via email ini. Kami dapat memahami apa yang telah bapak alami. Perlu kami sampaikan bahwa :
1.Terjadinya padam tersebut disebabkan terjadi defisit daya listrik di Sistem
Jawa – Bali,  sehingga tidak ada kesempatan bagi kami untuk memberikan
pemberitahuan ke masing-masing pelanggan. Terjadinya padam tersebut diluar kuasa
kami. Kami juga tidak mengharapkan terjadinya padam tsb.

2.Yang mengalami padam tidak hanya Bapak tetapi hampir seluruh pelanggan di seluruh
Jawa Bali dan Madura, tidak terbatas hanya pelanggan kecil tetapi juga pelanggan
besar dengan daya di atas 200 kVA, bahkan tidak hanya 2 jam sehari tetapi bisa
sampai 4 – 6 jam per hari. 

4.Kami telah mendeklarasikan Tingkat Mutu Pelayanan (TMP) untuk masing2 UPJ,
diantaranya lama dan jumlah gangguan per pelanggan dan untuk UPJ Purworejo adalah:

  a.Lama gangguan per pelanggan adalah 20 jam/bulan
  b.Jumlah gangguan per pelanggan adalah 12 kali/bulan. 
Apabila lama dan jumlah gangguan di pelanggan telah melebihi TMP, maka kepada pelanggan tersebut akan diberikan kompensasi sebesar 10% dari biaya beban.
Demikian penjelasan kami, semoga Bapak juga dapat memaklumi kondisi PLN. Apabila Bapak kurang puas dengan jawaban ini, mohon berhubungan langsung dengan Bapak Sumaryo Manajer UPJ Purworejo (081578860165) atau Leonardo Buntoro Asisten Manajer Pemasaran PLN APJ Magelang (08122840621)
( 21-05-2008 ) :: damar
Gangguan dan Pemadaman
Pengaduan :
Kepada Management PLN, saya Pelanggan di daerah Purworejo. saya sangat merasa dirugikan oleh PLn. dalam Bulan mei ini saya hitung sudah 3 kali mati lampu pada jam sibuk. setelah saya tanya ke PLN dia bilang tidak kerusak dan tidak tau kapan beresnya. sedangkan kalo kami membayar listrik telat saja sudah di kasi surat pemberitahuan. ya mohon jangan mentang˛ itu BUMN dan hanya satu ( monopoli) jangan seenaknya saja.prinsip bisnis harus jalan dan sama˛ untung jangan satu untung 1 buntung. apabila ada perusahaan swasta yg menyediakan listrik mending ke swasta.

Tanggapan :
Yth. Bapak Damar
Kami mohon maaf apabila selama bulan Mei ini sudah 3 kali listrik di tempat Bapak padam pada jam sibuk. Perlu kami sampaikan bahwa :
1.Terjadinya  padam  tersebut  disebabkan terjadi defisit daya listrik di Sistem
Jawa – Bali,sehingga tidak ada kesempatan bagi kami untuk memberikan pemberitahuan
ke masing-masing pelanggan. 
2.Kami telah mendeklarasikan Tingkat Mutu Pelayanan (TMP) untuk masing2 UPJ, diantaranya lama dan jumlah gangguan per pelanggan dan untuk UPJ Purworejo adalah: a.Lama gangguan per pelanggan adalah 20 jam/bulan b.Jumlah gangguan per pelanggan adalah 12 kali/bulan. Apabila lama dan jumlah gangguan di pelanggan telah melebihi TMP, maka kepada pelanggan tersebut akan diberikan kompensasi sebesar 10% dari biaya beban. 3.Kami telah menghimbau kepada pelanggan untuk hemat listrik guna menghindari adanya kemungkinan Pemadaman Bergilir di Wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, khususnya di Wilayah Kerja PT PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Magelang.
Demikian penjelasan kami, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.
PLN APJ Magelang